HUKUM
Kapolda Lampung saat melepas Personil Brimob.(her/pin)
23/9/2019 21:15:01
543

Kapolda Lampung Pimpin Upacara Pelepasan Personil Brimob BKO Polda Metro Jaya

Harianlampung.com - Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto Pimpin secara langsung Upacara pelepasan Personil Brimob Polda Lampung dalam rangka BKO Polda Metro Jaya dalam aksi Unjuk Rasa (UNRAS) yang terjadi di Jakarta Ibu Kota Indonesia.

Acara Pelepasan dilaksanakan di  Lapangan Sat Brimob Polda Lampung pada Senin (23/9) Pukul 16.00 Wib, dihadiri PJU Polda Lampung.dan Seluruh Personil Brimob Polda Lampung.

Sebanyak 551 Personil Brimob  Polda Lampung yang dipimpin langsung oleh Dansat Brimob Kombes Pol,Doniyar Kusumaji,SIk akan diberangkatkan BKO ke Polda Metro Jaya  dan bergabung dengan personil Brimob lainya dalam rangka pengamanan Aksi Unjuk Rasa yang terjadi di Jakarta Ibu Kota Indonesia.

Dalam amanat Kapolda Lampung pada Apel sore mengatakan bahwa, tujuan untuk melepas rekan-rekan Sat Brimob Polda Lampung yang akan melaksanakan tugas BKO Polda Metrojaya dalam rangka pengamanan Aksi Unjuk Rasa yang terjadi dijakarta, ujar Kapolda  kepada Personil Sat Brimob yang akan melaksanakan BKO.

Saya berharap rekan-rekan dapat melaksanakan tugas ini dgn iklas laksanakan koordinasi dengan satuan Kepolisian setempat,satuan TNI maupun instansi terkait dalam pelaksanaan tugas dan jaga nama baik satuan Polda Lampung.

Menurut Kapolda,  beberapa perhatian yang perlu saya sampaikan,

1. Tangani setiap aksi unras baik yang dilakukan oleh kelompok Mahasiswa maupun elemen masyarakat lainya secara Profesional,laksanakan pendekatan humanis,laksanakan PAM dengan maksimal baik PAM terbuka maupun PAM tertutup dengan senantiasa melibatkan unit intelijen dalam upaya merangkul ataupun menggalang kelompok yang melakukan aksi Unras.

Kemudian, berikan APP yang jelas kepada seluruh anggota yang terlibat PAM Unras dan laksanakan apel Konsolidasi setiap selesai melaksanakan tugas,hindari hal hal yang dapat membahayakan diri maupun Masyarakat.

Lalu, apabila akan melakukan tindakan Kepolisian maka pedomani tahapan tahapan peraturan dalam tindakan kepolisian yaitu , Perkap Nomer 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian.

Perkap Nomer 8 Tahun 2009 tentang Implementasi prinsip dan standar HAM dalam penyelengaraan tugas Kepolisian RI.

Perkap Nomer 2 tahun 2019 tentang Penindakan Huru hara

4. Jaga sikap toleransi,jgn arogan dan tdk mudah terpancing emosi,serta junjung tinggi harkat dan martabat Polri sebagai Aparat pengayom dan pelindung masyarakat.

Jalanin sinergitas TNI-Polri dan instansi terkait sesuai tugas pokoknya masing masing dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

Usai upacara dilanjutkan dengan pemberian Cindramata dan ucapan selamat kepada seluruh Personil Brimob yang akan BKO oleh Kapolda dan PJU Polda Lampung.(
(rls/her)