GAGASAN
Andi Arief
09/11/2014 23:58:17
2361

Ditemukan Fenomena Misterius di Gunung Padang

Harianlampung.com - Dalam penelitian lanjutan Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) yang dibantu TNI AD pada bulan Oktober lalu, ditemukan fenomena misterius.  Yaitu sebuah batu berbentuk unik di lorong pada kedalaman 12 meter. 

"Materi batu itu berbeda dengan materi batu yang ada di sekitarnya," ujar inisiator TTRM Andi Arief kepada harianlampung.com, Ahad (9/11/2014).

Selain itu, menurut Andi, peneliti juga menemukan sebuah batu lain di dinding. Batu itu dapat diputar-putar dan belum diketahui apa fungsinya. "Para peneliti sepakat untuk sementara menamakan batu tersebut dengan nama batu berputar atau rolling stone," ujarnya. 

Terkait dengan penemuan fenomena misterius itu, Andi Arief mengaku sudah berbicara dengan ahli geologi, arkeologi, geofisika, baik yang ada di TTRM maupun yang selama ini tidak terlibat langsung namun mengamati dan juga mengkritisi dengan positif.

"Adanya fenomena misterius ini harus disikapi secara bersama, sebagai bentuk tanggung jawab keilmuan," ujar mantan Staf Khusus Presiden SBY ini. 

Bahkan, Andi mengajurkan islah antara yang pro dan yang kontra dalam riset Gunung Padang. Karena memang tujuan riset bukan untuk menimbulkan perpecahan.

Menurut dia, mantan ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Rovicky Dwiputrohari bersedia duduk bersama dengan ahli geologi, arkeologi, dan keilmuan lain. Ia berharap, ketua IAGI, ketua IAAI, ketua HGI, dan lainnya, menyambut ide ini.

Fenomena misterius batu berputar dan dan berubahnya warna batu andesit hitam dalam hitungan kurang dari tujuh menit saat di bawah ke atas oleh peneliti dan TNI, harus bisa dicari jawabannya secara bersama.

"Dari dunia riset kita memulai persatuan, untuk menjawab tantangan ilmu pengetahuan," ujarnya.
(mf/nad/imr)