HUKUM
Ilustrasi (harlam/dok)
17/12/2014 11:24:48
3136

Kekerasan Anak Akibat Orangtua Acuh

Harianlampung.com - Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) mengadakan seminar tentang Penangulangan dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Abung, Balai Keratun, Bandarlampung, Rabu (17/2).

"Ini merupakan wujud kepedulian IIDI dalam menekan tingkat kekerasan terhadap anak, terutama di sekolah" ujar Nining Helmi, ketua pelaksana acara itu.

Seminar diadakan untuk para guru dari berbagai sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA, di Bandarlampung. Hal ini, Nining beralasan, karena angka kekerasan di sekolah belakangan ini cenderung meningkat.

Sementara Dr. Boy Zaghul Zaini, ketua IIDI sekaligus pemateri dalam seminar tersebut menyatakan, kekerasan terhadap anak terjadi akibat keacuhan orangtua.

Saat ini, orangtua terlalu permisif kepada orang asing. Ia mencontohkan kasus Emon yang mencabuli 100 orang anak. "Lokasinya di kampung, jadi tidak mungkin tidak ada yang lihat saat pelaku membawa korban, tapi orang sekitar malah acuh," ujarnya.

Padahal orang asing sangat potensial melakukan kekerasan terhadap anak. Ia mencontohkan lagi, di Lampung Barat ditemukan oknum guru yang melakukan pencabulan terhadap 10 anak.

Dia mengharapkan, melalui seminar ini, guru-guru memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kekerasan terhadap anak dan penanggulannya.

Guru sebagai ujung tombak pendidikan diharapkan mampu memberikan pemahaman akan kekerasan terhadap anak. "Kami harapkan guru-guru mentransfer pemahaman yang sama terhadap anak didiknya," ujarnya.

Jika sukses dilakukan, kekerasan terhadap anak, baik secara fisik, seksual, emosional dan ekonomi pasti akan menurun, kata dia.
(iqbal/mf)