HUKUM
TZ, pejabat Dinas PU Mesuji. (joni/harlam)
18/12/2014 21:04:48
4594

Kasus Menara Aji, Kejaksaan Tahan Pejabat PU Mesuji

Harianlampung.com - Kasus dugaan korupsi pembangunan Monumen Menara Aji di Wiralaga, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Kejaksaan Negeri (Kejari) Menggala, Tulangbawang, kembali menahan tersangka.

Kemarin, Kamis, 18/12, Kejari Menggala menahan TZ, pejabat di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mesuji. Sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK), TZ diduga melakukan tindak pidana korupsi sebesar Rp300 juta pada anggaran tahun 2013.

Kepala Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Menggala, Kabupaten Tulangbawang Rio Sayputra mengatakan, terkait kasus dugaan korusi pembangunan Monimen Menara Aji itu, kejaksaan telah menetapkan tiga tersangka. Yaitu, TZ, selaku PPK  di Dinas PU Mesuji, Fer sebagai rekanan, dan konsultan, Ek. "Ketiganya menjadi tersangka pada kegiatan pekerjaan pembangunan Monumen Menara Aji di Kecamatan Wiralaga pada tahun anggaran 2013 lalu," ujarnya

Menurut dia, proyek tersebut menggunakan anggaran sebanyak Rp900 juta pada tahun 2013. Sementara dari hasil pemeriksaan, pihak kejaksaan menemukan dugaan kasus korupsi sebesar Rp300 juta.

"Karena pada kegiatan itu yang bisa dipertanggung-jawabkan hanya Rp600 juta. Sedang Rp300 juta tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh ketiga tersangka," terangnya

Karena itu, lanjut Rio, pihaknya menahan ketiga tersangka. "Sesuai  ketentuan, dan akan kami menjerat dengan Undang-undang Pasal 2  ayat 391 dan Pasal 1 dengan acaman hukuman maksimal 4 tahun penjara," jelasnya.
(joni/ali/mf)