HUKUM
Edward Syah Pernong dan Joko P Putranto. (robin/polindonetwork)
08/9/2015 16:42:28
1458

Danrem Serahkan 72 Senjata Api Rakitan

Harianlampung.com - Komandan Korem (Danrem) 043 Garuda Hitam (Gatam), Kolonel Joko P. Putranto menyerahkan 72 pucuk senjata api rakitan, 28 butir peluru, 0,5 kg mesiu, dan 7 kg ganja, kepada Kapolda Lampung, Brigjen Pol. Edward Syah Pernong, di Loby Polda setempat, Selasa (8/9) siang.

Kolonel Joko P. Putranto merinci, senjata api yang diserahkan tersebut terdiri dari, 46 pucuk jenis pistol termasuk 2 pucuk jenis soft gun, 26 pucuk jenis laras panjang.

Menurut dia, senjata itu berasal beberapa kabupaten, di antaranya Tanggamus, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Lampung Tengah. Ini merupakan hasil penyerahan masyarakat secara sukarela ke koramil dan kodim, katanya.

"Saat menyerahkan senjata mereka mengatakan, senjata laras panjang digunakan masyarakat untuk berburu dan untuk jenis pistol digunakan untuk menjaga diri," katanya.


"Hal yang ditakutkan, senjata-senjata itu jatuh ke tangan yang salah dan digunakan untuk kejahatn atau konflik sosial," ujarnya.

"Ini memang merupakan tugas kepolisian, namun kami juga bertanggung jawab atas keamanan di Lampung. Kami mengimbau kepada masyarakat, bila memiliki senjata api segera menyerahkannya secara sukarela," kata Danrem.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol. Edward Syah Pernong membenarkan, pihaknya telah menerima senjata api rakitan tersebut.

"Untuk narkotika jenis ganja, akan diserahkan dan ditangani bagian Direktorat Narkoba Polda Lampung," katanya.

Mengenai senjata api, sebelumnya juga pihaknya telah melakukan pemusnahan sekitar 900 pucuk dan terus melakukan penekanan terhadap pembuatan dan peredarannya.

"Jika ada masyarakat yang menyimpan atau memiliki senjata api ilegal. Dan tidak mau menyerahkan secara sukarela akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan UU Darurat No:12 tahun 1951 tentang senjata api dan bahan peledak," katanya.
(rob/ddg)