HUKUM
Malian Ayub (sulistiyo/harlam)
02/1/2015 15:29:16
3193

50 Persen Pegawai PU Pringsewu Mangkir

Harianlampung.com - Lebih dari 50 persen pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, mangkir pada hari pertama kerja tahun 2015, Jum’at (2/1). Termasuk sang Kepala Dinas, Widijatno dan Sekretaris Dinas, Andi.  

Kedua pejabat tersebut tidak tampak di runga kerjanya saat Kepala Inspektorat Kabupaten Pringsewu Malian Ayub melakukan Inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Dinas Pekerjaan Umum setempat sekitar pukul  11.00 WIB.

Berdasarkan laporan Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas PU Pringsewu Suhardiyanto kepada Kepala Inspektorat Malian Ayub, dari 66 PNS di dinas tersebut, 32 diantaranya tidak hadir pada hari pertama kerja di tahun 2015. Sementara dari 12 pegawai berstatus honorer, hanya 2 orang yang masuk kerja.

Suhardiyanto menjelaskan dari 42 pegawai yang tidak masuk kerja, 3 diantaranya  sedang dinas luar (DL), 2 orang sakit dan 1 sedang cuti hamil, serta 3 orang pindah tugas. ”Sedang Bapak Kepala Dinas PU dan Sekretaris PU masih  dinas luar (DL),” terangnya kepada Kepala Inspektorat.

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Pringsewu Malian Ayub  usai sidak, kepada harianlampung.com membenarkan, banyak pegawai dinas PU yang mangkir pada hari pertama kerja di tahun 2015.

Dia melanjutkan,  kondisi tersebut  diketahui, saat apel dan senam pagi bersama  di lapangan pemakab setempat. "Usai apel pagi, kita  geladi resik yang diikuti oleh seluruh Satker sebagai persiapan apel besar pada Senin (5/1) mendatang. Namun ketika dilakukan absensi di lokasi, ternyata dari Dinas PU tidak satupun yang menghadiri,” terang Malian.


Mendapati  kondisi itu, Malian bersama dua orang staf inspektorat, lantas melakukan sidak ke Dinas PU.”Terbukti ternyata  lebih 50 persen atau lebih dari separo pegawainya, tidak masuk kerja. Sebagian besar tanpa ada keterangan,” ungkapnya.

Menurut  dia, temuan tersebut  akan dilaporkan pada  Sekretaris Daerah  Pemkab Pringsewu.  ”Kita kan laprokan ini ke Sekretaris Daerah  untuk  minta petunjuk  langkah selanjutnya,” kata Malian.

Sementara itu, salah seorang  staf Dinas PU yang enggan disebut namanya mengaku, dia dan beberapa rekan sudah hadir saat apel pagi, namun tidak ada absensi di lokasi apel pagi itu.

Usai apel, mereka langsung  kembali  ke Kantor Dinas PU dan tidak mengikuti gelada resik. "Benar mas saya hadir pada apel pagi itu, tetapi tidak ada absensinya,” katanya yang diamini beberapa rekan kerjanya.
(sulistiyo/mnz/mf)