HUKUM
Jembatan Ambrol (harlam/dok)
27/1/2015 17:44:03
2368

Gubernur Perintahkan Bina Marga Tinjau Jembatan Ambrol

Harianlampung.com - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo memerintahkan Bina Marga segera turun ke lokasi Jembatan Lempuyang Bandar yang ambrol pada Selasa (27/1) sekitar pukul 11.30. 

"Karena statusnya jalan negara, tim dari Kementerian PU Pusat (Balai Besar) juga sudah menuju lokasi," ujar Gubernur melalui akun twitternya, seraya berharap putusnya jembatan itu segera ditangani.

Ambolnya jembatan di wilayah Waypengubuan dan Terusannyunyai, itu membuat jalur lintas Terbanggibesar, Lampung Tengah, menuju Menggala, Tulangbawang, terputus. Gubernur meminta masyarakat untuk menghindari wilayah itu.

Sementara itu, Dinas Bina Marga Provinsi Lampung telah menurunkan tim pengawasan dan perencanaan pembangunan jalan dan jembatan untuk meninjau jembatan Lempuyang Bandar.

Kepala Dinas Bina Marga Lampung Budhi Darmawan mengatakan, bangunan tersebut memang sudah lama. Jembatan itu dibangun tahun 1979 dengan panjang 28,5 meter dan lebar 6 meter.

"Sudah turunkan tim pengawasan dan perencanaan jalan dan jembatan untuk inventarisir permasalahan yang ada," kata Budhi usai menghadiri penyerahan SK PNS kategori II, di Balai Keratun, Selasa (27/1).

Tinjau lokasi, kata Budhi, pihaknya telah berkoordinasi dengan badan Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Balai Besar Pekerjaan Umum wilayah Lampung.


Dijelaskannya, agar tidak merugikan masyarakat pengguna jalan, secepatnya Dinas Bina Marga dan Balai Besar akan berupaya mencarikan solusi. 

"Tim masih di lokasi, seperti apa kerusakannya nanti kita buat kesimpulan upaya alternatif. Apakan buat jembatan darurat atau apa nanti," jelasnya. 
(bayu/mf/eh)