HUKUM
Kolonel Arm Winarto (penrem/dok)
07/2/2015 20:40:17
2450

Danrem 043 Garuda Hitam Tinjau Lokasi Bentrok Warga

Harianlampung.com - Komadan Korem (Danrem) 043 Garuda Hitam Kolonel Arm Winarto, Sabtu pagi (7/2) meninjau lokasi bentrok warga di  Desa Tamansari, Kecamatan Prubolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Kepala Penerangan Korem 043 Garuda Hitam, Mayor Inf Prabowo mengatakan, kunjungan Danrem untuk mengetahui kondisi terkini di lokasi bentrok warga. "Situasi mulai kondusif. Mudah-mudahan dalam dua hari kedepan bisa kembali normal seperti semula," kata Prabowo.

Menurut Prabowo, kedua kelompok warga yang berseteru  telah menandatangani kesepakatan damai. Penanda tanganan  kesepakatan damai antara waga Desa Tamansari dan Negaranabung itu berlangsung  di Mapolres Lampung Timur, Jumat  (6/2) sekitar pukul 23.00 WIB.  Kesepakatan damai antarwarga dua desa itu disaksikan Bupati Lampung Timur Erwin Arifin dan Ketua DPRD setempat Ali Johan Arif, Kapolres Lampung Timur dan Dandim 0411 Lentan Kolonel Czi Arie Darmikia.

Sementara dari Korem 043 Garuda Hitam diwakili Komadan Batalyon 143 Mayor Inf. Edy Budiman. “Kedua belah pihak berjanji akan  menjaga situasi tetap kondusif. Jika dikemudian hari ditemukan dugaan tindak kriminal dan pelanggaran hukum, kedua belah pihak juga  berjanji tidak akan main hakim sendiri, melainkan menyerahkan  tersangka ke pihak  berwajib,” terang Prabowo.

Menurut Prabowo, Danrem 043 Garuda Hitam Kolonel Arm Winarto berharap kesepakatan damai tersebut dipatuhi oleh kedua belah pihak. Danrem juga menghimbau masyarakat tidak mudah terprovokasi.

"Saat ini TNI masih bersiaga di lokasi  untuk membantu kepolisian mengamankan situas. Korem  043 Garuda Hitam menurunkan 1 BatalyonTNI an 70 anggota Kodim serta Babinsa dari beberapa Koramil di sekitar lokasi kerusuhan," jelasnya.
(Iqbal/mnz/mf)