HUKUM
Ilustrasi (harlam/dok)
11/2/2015 19:42:07
1170

12 Siswa Bolos Terjaring Operasi

Harianlampung.com - Badan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandarlampung, Rabu (11/2), kembali menggelar Operasi Tangkap Siswa (OTS). Sebanyak 12 siswa SMA da SMK Persada ditangkap karena bolos sekolah.

"Sengaja (OTS) agak keluar dari pusat kota. Semua siswa itu dijaring di warung kopi dekat sekolah," kata Herman Karim, Kepala Bidang Ketertiban Umum Polisi Pamong Praja Bandarlampung, Rabu (11/2).

Semua siswa lantas diangkut dengan mobil satpol PP dan diserahkan ke sekolah masing-masing untuk diberikan pembinaan. "Seperti biasa, kami minta dibina oleh sekolah. Harapannya tidak terulang lagi," kata Herman.

Pada hari yang sama, Banpol PP memanggil pemilik usaha yang ditemukan menerima siswa di jam sekolah. "Hari ini kami panggil pemilik warnet Empire Z dan Inul Vista Karoke di Plaza Lotus. Mereka diminta agar tidak menerima lagi siswa berseragam di jam sekolah," katanya.

Herman menjelaskan, Selasa (10/2), kedua tempat usaha tersebut kembali kedapatan menerima siswa yang membolos. Pemilik warnet Empire Z yang terletak di Kecamatan Kedamaian, di bawah flyover Gajah Mada-Ir.Djuanda, sudah menghadap. Sementara dari manajemen Inul Vista, Plaza Lotus belum mengirimkan wakilnya.

"Kita panggil pemiliknya untuk diberikan pembinaan, sebab ditemukan usahanya masih terima siswa berseragam," kata Herman. Banpol PP juga meminta yang bersangkutan menandatangani perjanjian diatas materai. Sebelumnya Banpol PP sudah memberikan surat edaran agar tempat usaha tersebut tidak menerima siswa di jam sekolah.

"Ke depan, kalau sampai terulang lagi akan kami cabut izinnya. Karena yang bersangkutan melanggar Perda Nomor 1 Tahun 2012  Tentang Penyelenggaraan Wajib Belajar 12 Tahun  di Bandarlampung," kata Herman.
(iqbal/mf/eh)