HUKUM
Ilustrasi (harlam/dok)
12/2/2015 15:39:10
2804

Hakim Menangkan PLN, LHB Bandarlampung Kecewa

Harianlampung.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang menolak gugatan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandarlampung terhadap PLN Distribusi Lampung. Alasannya, LBH bukan lembaga yang berhak melakukan gugatan dalam perlindungan konsumen.

Dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (12/2), Majelis Hakim yang diketuai FX Supriyadi, "Memutuskan, menolak gugatan penggugat dan menerima eksepsi tergugat".

Majelis Hakim menolak seluruh gugatan LBH Bandarlampung dan menerima eksepsi PLN Lampung dalam gugatan terkait pemadaman bergilir selama enam bulan (Januari- Juni) tahun lalu.

"Putusan ini menujukkan Majelis Hakim tidak keberpihakan kepada masyarakat," ujar Koordinator Advokasi LBH Bandarlampung , Anggit A Nugroho, yang mengaku kecewa dengan putusan itu.

Seusai sidang,  Anggit menuturkan, dalam perkara ini sangat terbuka peluang untuk menang ataupun kalah, tergantung bagaimana majelis hakim memandang gugatan tersebut.

"Untuk perlindungan konsumen, kami memang bukan pihak yang berhak. Kami memang bukan lembaga perlindungan konsumen, melainkan masalah HAM. Dan listrik adalah kebutuhan dasar masyarakat," ujarnya.

Dalam gugatan tersebut, kata dia, pihaknya tidak melakukan gugatan berdasarkan Undang-undang Perlindungan Konsumen, melainkan Undang-undang Ketenagalistrikan. Sehingga, alasan Majelis Hakim yang mengatakan pihaknya tidak bisa meminta ganti kerugian, tidak sesuai dengan gugatan.

"Perlu dicatat, kami tidak pernah meminta ganti kerugian. Karena dalam gugatan kami pun disebutkan lembaga yang melakukan gugatan tidak bisa meminta ganti kerugian," ujarnya.

Menurut Anggit, pihaknya hanya meminta PLN memperbaiki kinerja dan memberikan kompensasi terhadap setiap pemadaman yang dilakukan. "Ini bukan minta ganti kerugian," pungkasnya.
(doni/mf/eh)