HUKUM
Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara.
16/11/2014 17:20:08
1428

Musim Hujan, Lampura Waspada DBD

Harianlampung.com - Memasuki musim penghujan, Kabupaten Lampung Utara melakukan tindakan preventif mencegah terjadinya bahaya demam berdarah (DBD).

“Saya sudah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk segera mengambil langkah-langkah pencegahan terjadinya masalah DBD," kata Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara.

Menurut Agung, tindakan preventif yang dilakukan antara lain dengan membagikan bubuk Abate kepada masyarakat, penyemprotan sarang nyamuk, serta sosialisasi kepada masyarakat untuk membersihkan lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk yang biasanya menyebar pada musim penghujan.

Dinas Kesehatan juga diinstruksikan untuk mensiagakan mobil ambulan. "Jika ada masyarakat yang sakit, cukup telepon nomor tertentu, mobil ambulan akan menjemput ke rumah warga," ujarnya. 

Selain bahaya demam berdarah, Bupati Lampura juga meminta Dinas Tata Kota, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Dinas Pekerjaan Umum, untuk segera mengambil langkah-langkah menghadapi musim penghujan. Seperti kemungkinan tejadinya longsor dan banjir.

Ia juga meminta jajaran terkait untuk turun ke lapangan pada saat musim hujan tiba. Sehingga setiap kejadian bisa segera diatasi. "Saat hujan turun, saya minta segera mengontrol ke lapangan. Penanggulangan pertaman adalah membersihkan penyebab genanganya air,” katanya.

Kepada masyarakat, ia juga meminta untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bisa menyebabkan saluran air tersumbat dan mengakibatkan banjir.

Sebagai tindakan antisipasi jangka panjang,  beberapa saluran tempat genangan air, diperlebar. Juga,  pada Desember ini akan dilakukan penanaman 1000 pohon pada daerah rawan longsor, ujarnya.
(def/mf/bln)