HUKUM
Sidang Sengketa Golkar di PTUN (harlam/dok)
04/5/2015 17:47:24
678

Saksi Ahli: Mahkamah Partai Golkar Tak Beri Putusan

Harianlampung.com - Sebuah putusan dapat disebut putusan apabila dalam amar putusannya terdapat frasa yang menjelaskan perintah untuk melaksanakan hal itu. Ada dua frasa di dalam sebuah putusan, yakni mengabulkan atau menolak gugatan. Dalam konflik Partai Golkar, Mahkamah Partai Golkar tidak memberi putusan, sekalipun dalam putusan itu terdapat frasa mengabulkan sebagian gugatan permohonan yang diajukan kubu Agung Laksono.

Demikian pendapat yang disampaikan ahli hukum administrasi negara, Zainal Arifin Hossein, saat memberikan keterangan sebagai ahli yang dihadirkan kubu Aburizal Bakrie dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Jakarta, Senin (04/05).

“Itu putusan yang tidak memberikan putusan. Mengabulkan sebagian itu kalau menurut saya adalah pendapat," ujar Zainal.

Zainal mengatakan, sebuah putusan dapat disebut putusan apabila dalam amar putusannya terdapat frasa yang menjelaskan perintah untuk melaksanakan hal itu. “Putusan itu harus dijelaskan di dalam amar. Kalau mengabulkan sebagian itu adalah pendapat Djasri Marin dan Andi Mattalatta," ujar dia.

Lebih jauh, Zainal mengatakan, Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM yang mengesahkan kepengurusan kubu Agung Laksono harus dibatalkan. Pasalnya, SK tersebut mengacu pada putusan Mahkamah Partai. Sedangkan Mahkamah Partai tidak membuat keputusan.
(pin/eh)