HUKUM
Segel ruko (andi/harlam)
10/12/2014 16:34:06
15505

Disegel, Sejumlah Pemilik Ruko Lunasi HGB

Harianlampung.com - Sebanyak tiga penyewa rumah toko (ruko) di Pasar Tengah, Tanjungkarang, Bandarlampung, mengajukan perpanjangan Hak Guna Bangunan (HGB) ke pemerintah kota setempat. Langkah ini mereka lakukan setelah pemkot, Selasa (9/12) lalu, menyegel 66 ruko bandel yang tak mau mengurus izinnya.

Sementara tujuh penyewa lainnya sudah membuat surat penyataan di hadapan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk segera mengurus perpanjangan HGB yang mereka ditempati, yang habis masa berakhirnya tahun 2013 lalu.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Bandarlampung Khasrian Anwar, didampingi Sekretaris Weka, di Bandarlampung, Rabu (10/12), mengatakan, jumlah penyewa yang akan memperpanjang HGB kemungkinan terus bertambah.

"Tadi saya sudah koordinasi dengan Bu Emi dari PPNS. Yang sudah buat pernyataan bersedia mengurus HGB ada 7 pedagang hari ini," imbuhnya.

Khasrian meyakini, dalam pekan ini sebagian besar pemegang HGB ruko di Pasar Tengah mengurus perpanjangannya. Karena sudah banyak pedagang yang berkoordinasi dengan pihaknya, dan menyatakan segera memperpanjang HGB selama 20 tahun.

"Ini hanya soal waktu, Kita tunggu saja," tuturnya.

Menurut Khasrian, sebelumnya 66 unit ruko di Pasar Tengah habis HGB-nya, sehingga praktis ruko tersebut jadi aset Pemkot Bandarlampung. Hanya saja, dari ruko itu sudah ada 12 ruko yang sudah memperpanjang HGB sebelum.

"Jadi, kemarin kita hanya menyegel 54 ruko saja, karena 12 ruko lainnya sudah memproses perpanjangan HGB," kata Khasrian.
(andi/riz/mf)