INVESTASI
Bibit kelapa (alpandi/harlam)
12/12/2014 08:38:25
2964

Peringatan Hari Kelapa di Kalianda Resort

Harianlampung.com - Tanaman kelapa tumbuh subur di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tanaman bernama Latin Cocos nucifera ini memiliki sejuta manfaat yang  sejak lama menjadi salah satu sumber pendapatan perekonomian masyarakat, tak terkecuali di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). 

Sepertinya, hampir tidak ada yang  tidak bermanfaat dari tanaman kelapa, untuk menunjang kehidupan  manusia. Mulai dari batang, daun, buah, batok dan sabutnya memilki nilia ekonomi tinggi. Merujuk  pada fakta tersebut, tidak berlebihan jika masyarakat menggap tanaman kelapa sebagai tanaman kehidupan.

Terkait hal tersebut Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Hari Perkelapaan. Rencanaya kegiatan ini akan dilaksanakan pada Senin 15 Desember 2014 di kawasan Grand Elty Krakatoa, Kalianda Resort. 

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setdakab Lamsel Erlan Murdiantono, kepada harianlampung.com di ruang kerjanya, Kamis  (11/12) mengatakan, peringatan Hari Perkelapaan  itu akan diisi dengan berabagi perlombaan. “Kita akan adakan lomba  membuat makanan berbahan baku  buah kelapa. Selain itu juga dilaksanakan penanaman bibit tanaman kelapa di kawasan Grand Elty Karkatao,” terang Erlan.

Selain itu  menurut  Erlan, peringatan Hari Perkelapaan ini  merupakan beutk kampanye Pemkab Lamsel mengajak masyarakat melestarikan tanaman kelapa.

“Tanaman kelapa harus dilestarikan dab terus dilakukan peremajaan secara berkesinambungan.  Artinya, tanaman kelapa yang sudah tidak produktif boleh ditebang. Tapi, kita harus melakukan peremajaan, mengganti dengan tanaman kelapa yang baru,” jelasnya.

Erlan, menambahkan kegiatan ini juga  befungsi sebagai ajang promosi pariwisata dan pembagian CSR dari Bank Lampung Cabang Kalianda. 

“Rencananya, peringatan hari perkelapaan akan dihadari langsung Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza,” tambah Erlan. 
(alpandi/mnz/mf)