INVESTASI
stasiun kereta api tanjungkarang. (POLINDONETWORK/dok)
23/6/2015 22:38:11
1439

Lebaran, Tarif Tiket Kereta Api Tidak Naik

Harianlampung.com - Jelang Lebaran, tiket kereta api jurusan Tanjungkarang-Palembang tidak naik, tetap Rp35 ribu per penumpang.

"Harga tiket kereta api tidak ada kenaikan. Tiket kereta api Tanjungkarang-Palembang seperti biasa Rp35 ribu," kata Muhaimin, Kepala Bagian Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Subdivre III.2 Tanjungkarang Selasa (23/6), kepada harianlampung.com.

Khusus untuk kereta jarak jauh, KAI mengimbau untuk tidak perlu berdesak-desak di stasiun terlebih mempergunakan jasa calo dalam pembelian tiket.

Muhaimin mengatakan, sejak tahun 2012, KAI bekerja sama dengan jasa agen penjualan tiket yang berada di minimarket, kantor pos, bahkan di  pegadaian. Membeli tiket di sana dikenakan biaya jasa/administrasi agen penjualan Rp7.500 sekali transaksi.

"Kalau membeli tiket KA di Indomaret, misalnya memang dikenakan biaya administrasi Rp7.500, dan itu resmi, jadi bukan kenaikan harga tiket," katanya.

Ia mengatakan, untuk pembelian hanya satu tiket, biaya administrasi menjadi terasa besar. Tapi kalau beli empat tiket tetap kena Rp7.500 administrasinya, karena dihitung biaya administrasi setiap satu kali transaksi.

Muhaimin juga meminta untuk tidak mempergunakan layanan jasa calo. Pasalnya, harga tiket bisa mencapai dua kali lipat dari harga sebenarnya.

"Kalau beli tiket harga Rp35 ribu bisa jadi Rp75 ribu. Sudah begitu, tiketnya belum tentu bisa dipakai. Beli saja di layanan resmi," katanya.

Ia mengatakan, penjualan tiket di agen resmi mempermudah masyarakat membeli tiket, tidak berdesak-desakkan seperti dahulu kalau membeli tiket di stasiun.

"Misalnya juga jauh-jauh datang dari Metro, Pringsewu, mau beli tiket ke stasiun, ongkosnya saja kan lebih dari Rp7.500, sekarang tidak usah jauh-jauh, di minimarket atau kantor pos terdekat di daerahnya mereka bisa mendapatkan," katanya.
(iqb/ddg)