INVESTASI
SPBU (polindonetwork/dok)
07/7/2015 21:13:07
1045

Lebaran, Stok BBM di Lampung Aman

Harianlampung.com - Himpinan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) mencukupi untuk kebutuhan menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah, di wilayah Provinsi Lampung.

Ketua DPD Hiswana Migas Provinsi Lampung, Toto Herwantoko mengatakan, dari stok BBM yang tersedia di Depot Pertamina Panjang untuk pertamax 3.933 kiloliter (kl), premium 18.003 kl, dan solar 9.780 kl, pertadex 116 kl, dan untuk minyak bakar 1.089 kl.

“Stok ini tidak terhenti setelah stok baru habis, tetapi selama dua hari sekali kami kembali mendapatkan suplai melalui kapal pengangkut BBM. Bahkan untuk mengantisipasi tingginya lonjakan permintaan masyarakat Lampung terhadap BBM, kami telah meminta bantuan tambahan,” kata dia, Selasa (7/7).

Dia mengatakan, Hiswana Migas selalu melakukan evaluasi permintaan BBM yang dibutuhkan masyarakat Lampung. Bahkan, setiap jelang Lebaran, dia selalu intens menjaga kestabilan penyaluran BBM untuk 15 kabupaten/kota.

“Stok untuk Lebaran, kami pastikan aman, jadi masyarakat jangan khawatir stok BBM habis,” katanya

Toto mengatakan, kesiapan lain dalam menghadapi Lebaran, sudah membentuk Tim Satgas Pengawasan Pemberian Pelayanan atas Kebutuhan BBM.

“Pasca Lebaran, stok BBM kita juga stabil, cadangan BBM di tangki penampungan telah diisi dari kapal laut dengan pasokan per hari rata-rata 4-5ribu liter ton,” katanya.

Toto mengimbau masyarakat tidak terlalu cemas atas ulah segelintir orang yang memborong kebutuhan BBM. “Jika ada spekulan yang melakukan penimbunan akan kami tindak tegas,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk menjaga ketersediaan BBM, pihaknya tetap menjalankan pola pengiriman reguler dan alternatif. “Jika itu tidak tercukupi, suplai BBM menggunakan mobil tangki dari TBBM Kertapati, Pulau Bali, dan TBBM Baturaja,” ujar dia.
(byu/ddg)