INVESTASI
Jalan di Mesuji (harlam/dok)
23/12/2014 21:20:00
4093

Perbaiki Jalan, Pemrov Siapkan Dana Rp1 Trilyun

Harianlampung.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelontorkan dana sekitar Rp1 triliun untuk pembangunan infrasruktur jalan dan jembatan pada tahun anggaran 2015. Pembangunan infrastruktur ini akan difokuskan pada jalan yang menjadi milik Pemprov Lampung.

Kepala Dinas Perubungan Provinsi Lampung Albar Hasan Tanjung mengatakan, total  pajang jalan provinsi saat ini mencapi 1.700 kilometer. Dari total panjang jalan tersebut, 1.615 kilometer diantaranya harus mendapatkan perbaikan pada tahun 2015 mendatang.

Albar menjelaskan, perbaikan infrasruktur jalan ini akan dibagi rata ke 14 kabupaten/kota se-Provinsi  Lampung. Namun, yang paling banyak harus diperbaiki ada di 5 daerah yaitu, Lampung Selatan sepanjang 97,57 km, Pesawaran 187 km, Kota Metro 23,93 km, Lampung Timur 185 km, dan Lampung Tengah 282 km.

"Ruas jalan yang akan diperbaiki sepanjang 1.615 km, yang paling panjang ada di Lampung Selatan," jelasnya saat rakor koordinasi gubernur bersama bupati/walikota serta fokorpimda di Gedung Pusiban, Pemprov Lampung,  Selasa (23/12).

Albar berharap, seluruh pemerintah kabupaten/kota turut andil dalam pemeliharaan jalan provinsi ini, agar tidak  cepat mengalami kerusakan.

Menurut dia, faktor utama penyebab kerusakan jalan, karen banyaknya mobil angkutan barang yang melebihi tonase.

Untuk mengantisipasi hal itu, kata Albar, Pemprov Lampung akan menerapkan peraturan daerah terkait tonase ini. Pemprov Lampung akan membuat jembatan timbang elektrik atau timbangan portebel untuk membatasi jumlah muatan mobil angkutan barang .

"Jembatan timbang ini yang nantinya akan mengeksekusi kendaraan. Apabila ada kendaraan yang tonasenya berlebih langsung akan dibongkar," tegasnya.

Diterangkan Albar, timbangan portebel ini akan dibangun di 8 daerah yaitu, Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Lampung Tengah, Kota Metro, kota  Bandarlampung, Kabupaten  Lampung Timur, Pringsewu dan Lampung Selatan.

Untuk di Mesuji, lanjutnya, penempatan timbangan di Simpang Penawar,  Tulangbawang di Daya Murni dan Panaragan.  Lampung Tengah di Gunung Sugih, Padangratu, dan Kota Gajah. Untuk  Kota  Bandarlampung di Jalan Ir. Sutami, d Metro di Terminal Metro,  Lampung Timur di Pugungraharo.  Pringsewu di Kecamatan Pringsewu, serta Kabupaten Lampung Selatan di Simpang Ketapang.

"Penjagaan jembatan portebel ini akan melibatkan Dishub Provinsi dan  Kabupaten/kota, Satpol PP, Korem masing-masing daerah," tandasnya.
(bayu/riz/mf)