INVESTASI
Agus Martowardojo (polindonetwork/dok)
02/9/2015 11:05:26
723

BI: Laju Inflasi Agustus Sesuai Ekspektasi

Harianlampung.com - Bank Indonesia (BI) menilai laju inflasi pada bulan Agustus masih dalam tren yang sesuai ekspektasi. Hal tersebut berdasarkan rilis dari Badan Pusat Statistik yang menyebutkan laju inflasi Agustus 2015 yang sebesar 0,39 persen

“Angka inflasi yang dikeluarkan tersebut menunjukan tren inflasi tahunan menurun. Jika pada bulan lalu inflasi tahunan berada di level 7,26 persen, maka bulan ini dengan inflasi 0,39 persen inflasi tahunannya sebesar 7,18 persen,” kata Gubernur BI Agus Martowardojo, kemarin,

Agus menegaskan, BI menargetkan pada akhir tahun 2015 nanti inflasi berada di bawah 4,5 persen. "Ke depan kita perlu memperhatikan harga pangan strategis," kata Agus, di Istanan Negara, Jakarta,. Kemarin.

Agus berharap kerjsama antara BI dengan pemerintah bisa berjalan dengan baik untuk menjaga inflasi. Agus melihat rendahnya laju inflasi merupakan buah dari upaya konsisten pemerintah mengelola inflasi.

Namun, Agus enggan menjelaskan mengenai respon BI terhadap laju inflasi tersebut, Terutama kaitannya dengan kebijakan moneter. Seperti kebijakan suku bunga acuan. BI akan melihat respon yang tepat dalam pembahasan Rapat Dewan Gubenur (RDG) BI.
(pin)