INVESTASI
Ilustrasi (polindonetwork/dok)
15/9/2015 15:16:50
663

Perizinan Tower, Dishub dan Provider Saling Bantah

Harianlampung.com - Penyegelan tower telekomunikasi atau Base Tranciever Station (BTS) milik PT Tower Bersama Grup (TBG), dinilai akibat prosedur penerbitan perizinan yang dikeluarkan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Tulangbawang Barat.

Tower di RT 03 RK 07 Dusun Sukamulya, Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Barat,  dinyatakan oleh pihak provider TBG area Lampung, perizinannya sudah valid dan sesuai  prosedur.

Namun, David, provider TBG area Lampung, belum bisa membuktikan klaimnya itu. Ia belum bisa menunjukkan izin seperti yang diminta Asisten II Setdakab Tubaba, Abdul Sani.

"Perizinan yang kita pegang sudah lengkap, tapi tidak kami bawa. Yang kami bawa hanya rekomendasi dari Dishubkominfo dan Dinas Tata Kota Tuba Barat," kata David sembari menujukan rekomendasi tersebut, Senin (14/9).

Rekomendasi dari Dishubkominfo Tuba Barat terlihat bukan rekomendasi tower di RT 03 RK 07 Dusun Sukamulya Tiyuh Panaragan, tapi rekomendasi untuk tower yang berada di RT 04 RK 04 Tiyuh Panaraganjaya dikeluarkan pada bulan Juni 2014.

"Rekom ini bukan untuk tower yang di sini, tapi untuk tower di Panaraganjaya. Data yang kami pegang, kami keluarkan delapan rekomendasi, tapi tidak termasuk di sini," ujar  A. Hariyanto, Kepala Dishubkominfo Tuba Barat.

Kejanggalan kembali terlihat pada rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dikeluarkan Dinas Tata Kota Tuba Barat. Sebab, dikeluarkan tahun 2013, meski lokasinya tepat.

Syakib Arsalan, Kepala Dinas Tata Kota menyebut hal itu hanya kesalahan pengetikan. "Ini salah ketik, kita keluarkan rekom IMB  tahun 2014," katanya.

Asisten II Setdakab Tuba Barat Abdul Sani, minta provider  mengagendakan pertemuan kembali dan menunjukkan bukti-bukti perizinan, meskipun tidak langsung ia menilai ada kejanggalan pada penerbitan perizinannya.

Ia berharap, persoalan tersebut bisa diselesaikan secara bersama dengan warga. Pihak perusahaan juga memberikan jaminan keamanan kepada warga sekitar.

"Apapun yang terjadi terhadap warga yang disebabkan dampak dari tower, pihak tower harus bertanggung jawab, dan  menjamin keamanan dan kenyamanan," katanya.
(Fek/sod/riz)