INVESTASI
Ilustrasi (harlam/dok)
03/1/2015 15:32:21
1045

Masyarakat Diminta Jangan Pakai Jasa Calo

Harianlampung.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kota Bandarlampung, Badri Tamam meminta pemohon izin mengurus sendiri berkasnya, tanpa perantara (calo). Ini untuk mencegah terjadinya "penggelembungan" anggaran dalam pembayaran retribusi, perizinan yang diurus.

"Jangan pakai perantara, harus diurus sendiri supaya biayanya tidak bertambah mahal, kata Badri pada harianlampung.com, Sabtu (3/1).

Menurut Badri, kebanyakan masyarakat tidak ingin ribet dan serba cepat. Akibatnya, masyarakat banyak memilih jalur pintas dengan menggunakan jasa calo untuk mengurus bebagai berkas perizinan. "Itu dilema yang terjadi pada masyarakat, terutama kalangan pengusaha saat ini," terangnya.

Menanggapi banyaknya pengaduan yang masuk ke BPMP, terkait lambatnya proses penerbitan izin. Badri menghimbau, aparatur yang bertugas di BPMP bekerja sesuai aturan yang berlaku. "Iya memang banyak pengaduan masuk ke saya. Tapi perlu dicermati juga, terkadang lambatnya proses penerbitan izin dikarenakan persyaratan yang diajukan pemohon tidak lengkap," ungkapnya.

Dia menegaskan, petugas tidak akan menerbitkan izin yang diproses jika ada persyaratan yang belum dilengkapi pemohon. Ini karena, sistem kerja yang diterapkan BPMP sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP) yang ditetapkan. "Saya jamin, jika seluruh persyaratan pemohon lengkap tidak ada yang dipersulit. Jika ada pegawai BPMP yang nakal, laporkan ke saya," tegasnya .
(andi/mnz/eh)