INVESTASI
Ilustrasi (harlam/dok)
04/1/2015 20:46:50
3585

Harga Gabah Naik, Hanya Sedikit Petani yang Nikmati

Harianlampung.com - Harga gabah kering giling (GKG) pada November 2014 di sejumlah daerah di Provinsi Lampung mengalami kenaikan. Dari Rp4.730 menjadi Rp5.189 per kilogram di tingkat petani atau dari Rp4.805 menjadi Rp5.269 per kg di penggilingan.

“Harga GKG di tingkat petani dan penggilingan naik di atas 9 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, Adhi Wiriana kepada harianlampung.com.

Naiknya harga gabah itu, dia menambahkan, diiringi dengan kualitas gabah kelas premium dan media. “Di lapangan kami tidak menemukan gabah dengan kualitas rendah,” katanya.

Gabah berkualitas itu, kadar airnya rendah dan bulirnya nyaris tidak ditemukan ang pecah. Gabah ini merupakan hasil panen padi yang ditanam petani pada Agustus silam, katanya.

Menurut dia, harga gabah tertinggi terdapat di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu. “Harga gabah kering giling saat ini di sana mencapai Rp5.500 per kilogram. Harga gabah terendah ditemukan di Kecamatan Purbolinggoo, Lampung Timur. Di tingkat petani harga bah Rp5.000 per kg dan di penggilingan Rp.5.075 per kg.

Ia memperkirakan, harga gabah masih akan mengalami kenaikan. Ini akan terjadi karena produknya minim. “Saat ini petani baru akan memasuki musim tanam” ujar Adhi.

Kendati harga gabah mengalami kenaikan, menurut dia, hal ini hanya hanya dinikmati oleh sedikit petani karena terjadi setelah lewat musim. “Terkecuali petani masih memilki simpanan gabah sisa panen raya kemarin,” ujarnya.
(iqbal/mf)