INVESTASI
Herman HN (Iqbal/harlam)
06/1/2015 17:22:15
2200

Bandarlampung Kota ke-3 di Indonesia Gunakan ATCS

Harianlampung.com - Kondisi lalu lintas di Kota Badarlampung saat ini semkain padat. Akibatnya hampir seluruh ruas jalan di Kota Tapis Beseri ini selalu mengalami kemecatan, terutama pada jam-jam sibuk.

Berbagai cara dilakukan Pemkot Bandarlampung untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Salah satunya dengan mengerahkan personel satuan polisi pamong praja dan dinas perhubung untuk mengatur lalu lintas di sejumlah titik kemacetan. Tidak cukup dengan itu, Pemkot Bandarlampung saat ini mulai memanfaatkan teknologi canggih untuk memantau sekaligus mengatur kondisi lalu lintas pada sejumlah titik rawan kemacetan. Teknologi itu bernama  Area Trafic Control System (ATCS).

Penggunaan teknologi ATCS ini, Selasa (9/1) diresmikan oleh Wali Kota Herman HN di kawasan Terminal Rajabasa Bandarlampung. Teknologi ini diproyeksi dapat mengurangi 40 titik  kemacetan lalu lintas di Kota Bandarlampung.

Herman HN menyambut baik penggunaan ATCS ini. "Mudah-mudah dengan sistem ini, kemacetan lalu lintas di Kota Bandarlampung dapat diatasi minimal dikurangi,"harapanya.

Menurut Herman, selain Badarlampung, teknologi ATCS ini di Indonesia, baru digunakan di  Jakarta dan Medan Sumatera Utara. 

"Melalui ATCS kondisi lalu lintas dapat dipantau secara real time," Kadis Perhubungan Kota Bandarlampung Rifai pada harianlampung.com

Menurut Rifai cara kerja ATCS diatur melalui operator. "Operator akan mengontrol kondisi lalu lintis di tiap persimpangan. Jika lalu lintasnya padat, maka jeda waktu lalu lintas akan dipersingkat,"jelasnya.       

Sementara Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung, Iskandar mengatakan, nantinya ATCS akan beroperasi selama 24 jam non stop. "Kita sudah siapkan tenaga operator yang akan bekerja dengan 3 shift. ATCS ini juga sudah didukung sistem power supply.  Jadi meski listrik padam, sistem ini akan tetap beroperasi,"ungkapnya.
(Iqbal/mnz/eh)