INVESTASI
Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Budhi Darmawan
28/10/2014 21:01:29
8702

Lampung Kekurangan Tenaga Ahli Konstruksi

Harianlampung.com - Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Lampung Budhi Darmawan mengatakan daerah Lampung masih kekurangan tenaga ahli bidang konstruksi. 

Sertifikat profesi, menurut Budhi, dibutuhkan dalam mengahadapi persaingan pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang berlaku mulai tahun 2015. Untuk itu, Dinas Bina Marga Lampung akan menyiapkan tenaga ahli bersertifikat di bidang konstruksi.

"Tenaga ahli bidang konstuksi di Lampung masih sangat sedikit. Dinas Bina Marga terus melakukan pembenahan dan meningkatkan mutu karyawan melalui bimbingan teknis," ujarnya di Bandar Lampung, Senin (27/10/2014).

Menurut dia, bukan hanya Lampung yang kekurangan ahli konstruksi. Secara nasional, tercatat ada sekitar dua ratus ribu tenaga bidang konstruksi. Itu pun yang bersertifikat baru sekitar sepuluh persen.

Bahkan, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum, saat ini hanya ada 140 insinyur yang bersertifikat Mutual Recoginition Agreement di kawasan ASEAN.  

Untuk mendukung para tenaga ahli bersertifikat, kata dia, Kementerian PU menyiapkan UU Insinyur No 11 Tahun 2014. Juga, sedang menyiapkan tenaga ahli lain untuk mendapatkan sertifikasi sebelum dimulai pasar tunggal ASEAN.

Ia mengharapkan, dinas terkait melakukan hal yang sama. Dinas Binas Marga kabupaten/kota di Lampung diminta membentuk tim pembina jasa konstruksi dan menggelar bimtek agar insinyur yang ada memiliki sertifikat internasional.

Saat ini,  dari 15 kabupaten/kota di Lampung, baru ada tujuh tim pembina konstruksi. "Kami mengharapkan pemerintah kabupaten/kota membentuk tim pembina jasa konstruksi, serta pembinaan di bidang cipta karya, pengairan, bina marga, tenaga ahli dan terampil lainnya," imbaunya.
(mf/nad/imr)