INVESTASI
Pelabuhan Bakaheni (Ilustrasi)
14/11/2014 14:21:12
7368

Dishub Garap Potensi Parkir di Bakauheni

Harianlampung.com - Dinas Perhubungan Lampung Selatan akan menggali potensi penerimaan asli daerah (PAD). Di antaranya dengan memaksimalkan penerimaan dari parkir kendaraan di RSUD dan Bakauheni.

"Kami akan menggali potensi parkir yang belum tergarap, seperti di RSUD, dan lahan parkir di sekitar terminal Pelabuhan Penyebrangan Bakauheni, serta lahan parkir di PPI Bom Kalianda," kata Kepala Dishub Lamsel Syukur Kersana, Kamis (13/11). 

Untuk itu, Dishub akan berkoordinasi dengan kepala instansi seperti RSUD, Terminal Bakauheni untuk memanfaatkan lahan parkir di sekitar kantor maupun terminal.

Disebutkan, target PAD yang dikelola Dishub Lampung Selatan hingga akhir Oktober 2014, tercatat sejumlah Rp632 juta, hampir mencapai target yang ditetapkan Rp658 juta. Ia optimistis, hingga akhir tahun, target itu akan terpenuhi.

Sumber-sumber PAD Dishub Lamsel, di antaranya pajak parkir, retribusi parkir tepi jalan, retribusi pengujian, retribusi terminal, dan retribusi izin trayek.

Realisasi pada tahun ini, pajak parkir tercapai Rp378 juta atau 105,09 % melebihi yang ditargetkan. Retribusi parkir tepi jalan Rp72 juta  atau 85,71%, retribusi pengujian tercapai Rp139,5 juta atau 84,58%.

Sedang retribusi terminal tercapai Rp31 juta atau 86,94 persen, dan retribusi izin trayek tercapai Rp11 juta  atau 85,19%. "Insya Allah sebelum akhir tahun 2014 tercapai semua," kata dia.

PAD Dishub Lamsel sebelum perubahan anggaran sebesar Rp515 juta, namun perubahan dinaikan menjadi Rp 658 juta. Meski demikian hal tersebut tidak menyurutkan semangat pihaknya untuk memenuhi target PAD yang merangkak naik. 

Untuk memberikan kenyaman serta keamanan bagi pengendara yang memarkir kendaraaanya di tempat-tempat parkir. Syukur minta petugas parkir bersikap sopan sesuai standar pelayanan. Sebab,  dengan sikap seperti itu penunjang peningkatan PAD. 
(ah/mf/nad)