INVESTASI
M. Ridho Ficardo (harlam/dok)
21/2/2015 15:23:44
3327

Dana Pembebasan Lahan Tol Sudah Disiapkan

Harianlampung.com - Pemprov Lampung menargetkan pembebasan lahan jalan Tol Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggibesar, rampung tahun ini. Target tersebut untuk mengejar realisasi pembangunan fisik pada tahun 2016.

Guna lancarnya proses pembebasan lahan jalan tol tersebut, Pemprov Lampung segera melakukan sosialisasi pada masyarakat. "Pemerintah Pusat telah menyiapkan dana untuk pembayaran ganti rugi lahan, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo pada harianlampung.com, Sabtu (21/2).

Menurut Ridho, masalah pembebasan lahan sering memicu gejolak di tengah masyarakat. Untuk itu dia mengimbau, Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat lebih aktif mensosialisasi pembebasan lahan tersebut.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya gejolak, kita akan koordinasikan dengan jajaran bawah. Leading sektor dan BPN wajib memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pembebasan lahan Tol ini," himbaunya.

Ridho juga meminta Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran dan Lampung Tengah yang daerahnya akan dibangun Tol, gencar melakukan sosialisasi.

Menurut gubernur, tim persiapan pembebasan lahan telah dibentuk. Tim ini terbagi dua. Tim I yang diketuai Asisten II Setdaprov Bidang Ekonomi Pembangunan, Adeham akan menangani proses pembebasan lahan ruas Bakauheni-Tegineneng. Sedangkan Tim II diketuai Asisten I Bidang Pemerintahan Tauhidi menangani ruas Tegineneng-Terbanggibesar.
(bayu/mnz/eh)