INVESTASI
Parkir sepeda motor (Ilustrasi)
18/11/2014 20:25:12
8531

Lampung Utara Dapat Rp168 Juta dari Parkir

Harianlampung.com - Menjelang akhir tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung, memperoleh penerimaan dari pajak parkir sebanyak Rp168 juta. 

Kabid Penetapan dan Penilaian Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lampung Utara, Laila Sari, mewakili kepala dinasnya, menerangkan tahun ini target penerimaan asli daerah (PAD) dari pajak parkir sebesar Rp130 juta. 

Sampai Oktober 2014, penerimaan PAD Lampung Utara dari pajak parkir mencapai Rp168 juta atau 129,29 persen di atas target yang ditetapkan. "Penerimaan dari pajak parkir masih akan bertambah hingga akhir tahun ini," ujarnya, Senin (17/11).

Dijelaskannya, di Lampura ada dua jenis PAD parkir yaitu pajak parkir dan retrebusi parkir. Untuk pajak parkir diperoleh dari titik parkir yang terdapat di perusahaan swasta dan usaha pribadi. 

Sedangkan  retribusi parkir dari titik parkir yang berada di seputaran badan jalan ataupun kantor-kantor pemerintahan. "Kami hanya tangani pajak parkir. Retrebusi parkir wewenang Dishubkominfo," jelasnya.

Untuk jumlah titik pajak parkir, lanjut Laila, di Lampura terdapat 222 titik. Sedangkan untuk penarikan pajak setiap hari mencapai Rp10 ribu hingga Rp150 ribu. "Kami tidak mematok penarikan, tergantung kemampuan para petugas parkir," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dispenda Lampura Fivi selviana mengatakan, ked epan pihaknya akan melakukan pendataan ulang terhadap seluruh titik pajak parkir yang ada di Lampura. 

Sebab, besar kemungkinan titik tersebut terus bertambah mengingat perkembangan bisnis yang ada.  "Awal tahun depan kami akan lakukan pendataan ulang," tutupnya.
(def/mf/bln)