INVESTASI
Tol Sumatera (harlam/dok)
09/3/2015 13:53:28
1545

Hari Ini Mulai Pendataan Lahan Tol

Harianlampung.com - Tim persiapan pembebasan lahan Tol Sumatera wilayah Lampunng ruas Bakauheni-Terbanggibesar, hari ini (Senin, 9/3) mulai melakukan pendataan kepemilikan lahan yang akan digunakan sebagai jalur Tol.

Ketua Tim I persiapan pembebasan lahan Tol ruas Bakauheni-Natar Adeham mengatakan pendataan ini dilakukan untuk mengejar target yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk melakukan peletakkan batu pertama (ground breaking) di bulan April 2015.

"Meski centerline (pematokan) belum semua, tapi hari ini kita mulai melakukan pendataan kepemilikan lahan yang nantinya akan digunakan sebagai jalur Tol," kata Adeham, Senin (9/3).

Menurut Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung ini, pada dasarnya tim menginginkan percepatan sesuai target yang diberikan. Sebab, seluruh mekanisme dan prosedur pengerjaan sudah dikerjakan.

"Pada dasarnya kami inginkan itu semua cepat. Dan ini pun jika dilihat dari tatanan pengerjaannya kami sudah lebih cepat," ungkap dia.

Mengenai pelaksanaan groundbreaking, dikatakan dia, Pemerintah Pusat menginginkan dilaksanakan di Gunungsugih, Lampung Tengah.

Namun, jika dilakukan di sana, maka akan ada polemik baru. Sebab, lahan di Gunungsugih milik warga dan belum ada ganti rugi. "Kita mengharapkan agar groundbreaking dilakukan di Lampung Selatan. Karena kita sudah ada koordinasi dengan PT. ASDP. Dan mereka sudah setuju," jelas dia.

Untuk pematokan (centerline) di Lampung Selatan. Adeham mengatakan bahwa prosesnya sudah sejauh 25 kilometer.

"Ini kan ada tiga kelompok. Untuk yang dari Penengahan itu sudah selesai di Penengahan, Waypanji dan Palas. Kemudian, untuk tim yang di Jati Agung, sudah menyelesaikan yang di Merbau Mataram dan Tanjung Bintang. Kalau untuk yang di Sidomulyo belum," kata dia.

Dia menegaskan, untuk pendataan kepemilikan lahan, tim tidak harus menunggu secara keseluruhan pemasangan patok centerline selesai. Ini sebagai langkah percepatan pengejaran pelaksanaan target ground breaking pada April mendatang.

"Kita sudah sesuai prosedur kok, hari ini kita sudah mulai pendataan lahan dan tidak harus menunggu centerline secara keseluruhan," tegas dia.

Yang dipermasalahkan selama ini adalah, jika pemasangan patok atau centerline belum terselesaikan, maka tidak bisa dilakukan pendataan.

Ditanya mengenai kendala yang ada di Lapangan terkait pemasangan centerline ini, dikatakan dia mungkin hanya terkendala dengan cuaca dan medan perbukitan yang sedikit menyulitkan tim untuk turun ke Lapangan.

"Centerline ini juga kan ada tahapannya. Yang pertama hanya dengan bendera merah saja, kemudian tahap kedua koordinat itu di semen. Nah, sementara, pendataan harus menunggu penyelesaian pematokan itu. Namun nantinya, akan kita buat bertahap saja. Per berapa km kita lakukan pendataan," kata dia.
(bayu/mf/eh)