INVESTASI
Ilustrasi (harlam/dok)
15/3/2015 20:12:43
1068

Target Pangan, Pemerintah Pusat Perlu Dukung Sarana

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, menyatakan perintah pencapaian target produksi beras dari pemerintah pusat, perlu didukung dengan sarana sesuai kondisi di lapangan masing-masing daerah.

HIngga kini, pemberian target itu belum disertai jaminan ketersediaan sarana maupun prasarana pendukung usaha pertanian. Seperti infrastruktur, ketersediaan air, dan peralatan pertanian yang dapat digunakan untuk mempercepat pengolahan lahan.

“Seharusnya ada juga jaminan dari pemerintah pusat mengenai ketersediaan bibit dan pupuk. Agar target yang ditetapkan bisa tercapai oleh pelaksana di lapangan," kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Waykanan, Raden Iskandar, Ahad (15/3).

Namun, target itu tetap harus didukung penuh di daerah. Karena tujuan utamanya adalah swasembada pangan untuk kesejahteraan rakyat.

“Khusus Waykanan, pangan sudah swasembada karena produksi beras di sini surplus. Jadi, kita patut bangga dan perlu diapresiasi,” katanya.

Dikatakannya, Waykanan juga kini memiliki pabrik penggilingan padi terbesar rice milling plant (RMP) yang berada di Kampung Nuar Maju. Petani padi saat panen tak perlu jauh-jauh menjual dan menggiling hasil usaha mereka ke luar daerah.
(vita/riz/mf)