INVESTASI
Musrenbang Provinsi Lampung (bayu/harlam)
25/3/2015 12:49:46
768

Pemda Lampung Diminta Modernisasi Pasar Tradisional

Harianlampung.com - Pemerintah daerah di Lampung diminta membuat program dan kebijakan yang bisa menciptakan iklim investasi yang mendukung modernisasi pasar tradisional.

Perencanaan daerah ini juga harus mengikutsertakan pembangunan pasar tradisional, dan percepatan perizinan melalui pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) maksimal 15 hari.

Demikian dikemukakan Sekjen Depdagri Yuswandi Temenggung, pada Musyawarah Rencana Pembangunan Provinsi (Musrenbangprov) Lampung, di Balai Keratun, Bandarlampung, Rabu (25/3).

Musrenbangprov dihadiri Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, seluruh bupati/wali kota se-Lampung, dan kepala satuan kerja terkait.

Seperti dikutip dari Karo Humas dan Protokol Pemprov Lampung Sumarju Saeni, Sekjen Depdagri juga memberi penekanan agar Musrenbangprov Lampung memperhatikan masalah energi dan ketenagalistrikan.

"Yakni, mendukung optimalisasi pemanfaatan gas sebagai sumberdaya energi, penguatan insfrastruktur energi, mengatasi kelangkaan listrik. Dengan harapan dapat mewujudkan kedaulatan energi dan ketenagalistrikan," kata Yuswandi.

Menurut Yuswandi, target kedaulatan pangan juga harus bisa mendukung kegiatan reformasi agraria untuk pengendalian pemanfaatan lahan pertanian.

Berkaitan pengelolaan sumberdaya alam, menurut dia, perlu dibuat program rehabilitasi hutan dan lahan krisis. "Agar kita dapat mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup," imbuhnya.
(rls/riz/eh)