INVESTASI
Muhaimin (harlam/dok)
01/4/2015 11:12:32
1026

Hari Ini Tarif Kereta Api Kelas Ekonomi Naik

Harianlampung.com - Hari ini, Rabu (1/4), PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Subdivre II Tanjungkarang, resmi menaikan tarif Kereta Api (KA) kelas ekonomi dan perubahan jadwal.

"Kenaikan diberlakukan untuk kelas ekonomi di  KA Seminung (TanjungKarang-Kotabumi), dan KA Kertapati (TanjungKarang-Palembang)," kata Kepala Humas PT KAI Lampung, Muhaimin kepada harianlampung.com, Rabu (1/4), di Bandarlampung.

Menurut Muhaimin kenaikan tarif tidak berdampak kepada jumlah penumpang. "Tidak drop koq, malah KA Kertapati naik jumlahnya," kata Muhaimin.

Kemarin jumlah penumpang KA Seminung dengan kapasitas 270 orang, hari ini 125 orang. Dan terisi 152 orang. KA Kertapati berkapasitas 548 orang kini terisi 341 orang, setelah kemarin hanya terisi 279 orang. "Memang ini fluktuatif, tapi saya rasa masyarakat juga terima, kenaikannya tidak besar dan sosialiasinya sudah dimulai sejak sebulan terakhir," katanya

Menurut dia, jumlah tersebut belum pasti melainkan terus bertambah. Contohnya KA Seminung yang melalui 12 stasiun. Tiap stasiun pasti ada yang naik, jadi sepanjang jalan jumlah penumpan bertambah.

Kenaikan tersebut hal wajar pasalnya selama ini PT. KAI sudah memperbaiki pelayanan. "Kelas ekonomi sekarang sudah dilengkapi air bersih dan AC, sudah terhitung nyaman. Dulu kondisinya belum sebaik sekarang," katanya.  

Menteri Perhubungan mengeluarkan Permen nomor PM. 17 Tahun 2015, tentang pengalihan subsidi KA jarak jauh dan menengah ke komuter line Jabodetabek.

Kenaikan ini juga mengimbangi kenaikan BBM dan kurs dolar AS. "Suku cadang masih banyak impor, mempertimbangkan dari sana juga," katanya

Tarif KA Seminung kelas ekonomi naik menjadi Rp10 ribu dari tarif awal Rp7.500. Kelas ekonomi KA Kertapati naik dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu.

PT KAI juga memberlakukan perubahan waktu perjalanan. KA Limex Sriwijaya yang biasanya berangkat pukul 20.00 WIB menjadi pukul 21.00 WIB.
(iqbal/riz/eh)