INVESTASI
Ilustrasi (harlam/dok)
09/12/2014 14:37:59
2052

2015, Lampung Belum Bisa Bangun Irigasi

Harianlampung.com - Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung siap mendukung program pemerintah pusat menuju swasembada pangan nasional. Untuk itu, Dinas Pengairan akan fokus pada pembangunan infrastruktur khususnya irigasi/pengairan.

Kepala Dinas Pengairan dan Pemukiman Lampung, Robinsyah mengatakan sesuai dengan instruksi Menteri Pertanian, program swasembada pangan tidak cukup dengan bibit unggul maupun pupuk. Tetapi asupan air menuju sektor pertanian khususnya sawah juga harus menjadi prioritas.

Kendati demikian, kata Robin, untuk pembangunan irigasi tersebut belum bisa dilaksanakan pada tahun 2015, sebab prioritas pembangunan pemerintah provinsi ada pada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

"APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) 2015 kurang memadai untuk perbaikan irigasi. Biaya belanja di APBD Lampung hanya Rp2,3 triliun, dan Rp800 miliar lebih digunakan untuk infrastrukur. Anggaran untuk kita tidak lebih dari Rp15 miliar," ujarnya di Balai Keratun, Bandarlampung, Selasa (9/12).

Menurut Robin, kemungkinan besar pada tahun 2016 pemerintah pusat akan mengucurkan dana APBN demi program swasembada pangan, khususnya untuk perbaikan daerah irigasi di Indonesia, termasuk Lampung.

"Kita sudah mengajukan usulan ke pemerintah pusat, dan pusat juga sudah menyetujui akan memperbaiki daerah irigasi di Lampung. APBN juga dimungkinkan ada kebijaksanaan baru untuk menambah APBD kita, sehingga perbaikan irigasi bisa kita jalankan," jelasnya.
(bayu/heris/mf)