INVESTASI
Robinsyah (bayu/harlam)
09/12/2014 16:20:22
2195

19 Irigasi di Lampung Rusak

Harianlampung.com - Pemerinah pusat mengharapkan Provinsi Lampung menjadi sentra pangan dengan target ada tambahan produksi gabah kering giling (GKG) sampai 1 juta ton. Tampaknya hal ini perlu waktu cukup lama, bahkan sulit terwujud. Alasannya, seluruh irigasi di wilayah ini mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung Robinsyah mengatakan, di Provinsi Lampung ada 19 saluran irigasi, baik sekunder, primer  dan tersier.  "Hampir seluruh saluran  irigasi  yang ada dalam kondisi rusak. Jadi distribusi air sulit mencapai lahan persawahan," terangnya, Selasa (9/12).

Tidak hanya itu, lanjut Robin, waduk yang ada di Lampung juga sudah mengalami kerusakan. Debit air yang ada,  tidak bisa memenuhi kebutuhan pertanian. Ini  karena kondisi waduk mengalami sedimen atau pengendapan lumpur. Untuk itu, pihaknya mengajukan usulan anggaran perbaikan pada  Pemerintah Provinsi dan Kementerian Pertanian.

"Ya, kemarin kita sudah usulkan dana perbaikan irigasi dan bendungan di Lampung ke Menteri Pertanian, semoga saja usulan itu dipenuhi. Ini kan untuk mendukung program swasembada pangan," jelasnya.
(bayu/mnz/mf)