INVESTASI
Bandara Radin Inten II. (harlam/dok)
09/12/2014 21:36:49
3630

Perlu Investor untuk Bangun Bandara Radin Inten II

Harianlampung.com - Provinsi Lampung saat ini tengah melakukan persiapan untuk penambahan panjang landasan pacu (runway) Bandara Radin Inten II, di Kecamatan Natar Kabupaten, Lampung Selatan.

Pengembangan landasan ini merupakan bagian dari persiapan program peningkatkan status Bandara Radin Inten menjadi bandara internasional.

Terkait hal tersebut, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setdaprov  Lampung  Adeham mengharapkan semua pihak dapat berkoordinasi untuk suksesnya  program tersebut.

Adeham mengatakan setiap instansi pemerintahan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, tapi harus bersinergi untuk pemantapan rencana pembangunan Lampung ke depan. Termasuk program perluasan landasan Bandara Radin Inten II.

“Koordinasi antarinstansi ini sangat penting, agar sinkron dari segala sisi terkait pelebaran landasan pacu  Bandara Radin Inten menjadi satu persepsi,” terangnya di ruang Sungkai, Balai Keratun Pemprov Lampung , Selasa (9/12).

Dijelaskannya, rencana perluasan landasan pacu dan peningkatan status Bandara Radin Inten ini sudah tercetus sejak lama. Namun terhalang dengan ketersediaan dana yang dimiliki Pemprov  Lampung. Untuk itu, dia berharap agar pembangunan ini bisa melibatkan pihak ketiga.

“Kalau menunggu APBD tidak akan selesai, karena dana belanja kita pada tahun 2015 hanya Rp2,3 triliun. Untuk itu kita harus mencari investor guna memenuhinya," jelasnya.

Menurut Adeham, dalam rapat tersebut juga sempat dibahas mengenai bandara sebagai transportasi udara yang rencananya akan dibenahi.

"Kalau sudah dibenahi, baru bisa diserahkan ke pihak Angkasa Pura. Mengenai pengembangannya, juga diserahkan ke pihak ketiga. Terkait teknis bisa langsung ke dinas yang bersangkutan," katanya.
(bayu/mnz/mf)