KAWASAN
Bumdes (ilustrasi/harlam)
12/12/2014 09:04:29
1236

Tuba Sosialisasi Badan Milik Usaha Desa

Harianlampung.com - Sistem Pemerintahan Desa merupakan bentuk kelembagaan baru yang  lahir setelah ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 2004. 

Demikian dikatakan Bupati Tulangbawang (Tuba) Hanan A Razak saat membuka sosilisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di GSG Menggala, Kamis (11/12).

"Dilihat dari sisi kesejahteraan, sistem Pemerintahan Desa merupakan bentuk kelembagaan baru dan lahir setelah adanya Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2004," kata bupati.

Menurut Hanan, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang memiliki komitmen yang tinggi dalam mewujudkan terciptanya tata pemerintahan yang baik (Good Governance). "Untuk mewujudkan hal itu, saya memberikan respon positif dan apresiasi atas terselenggranya Sosialisasi Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini," ungkapnya.

Hanan melanjutkan, dengan berlakunya Otonomi Daerah (Otda), telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga  berdasarkan prakarsa serta kemampuan daerah itu. "Di samping itu, pemda juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi bagi kampung-kampung yang berada di kabupaten ini. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan kampung dapat mencapai tujuannya yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat kampung," terangnya. 

Ia menghimbu peserta  sosialisasi memahami seluruh materi yang dipaparkan.
(joni/mnz/mf)