KAWASAN
Ilustrasi (harlam/dok)
12/12/2014 17:04:21
1046

Tuba Bentuk Forum Koordinasi Tangani Pidana Perikanan

Harianlampung.com - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tulangbawang membentuk Forum Koordinasi yang bertujuan menyelaraskan proses penanganan tindak pidana di bidang perikanan.

Selama ini penanganan kasus pidana di perikanan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan, Penyidik Kepolisan, dan Penyidik Perwira TNI AL, tapi berjalan sendiri-sendiri.

Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tulangbawang Nurmansyah, Jumat (12/12), di Menggala, mengatakan,sinkronisasi ketiga elemen penyidik tersebut sesuai dengan UU No 31 tahun 2004 yang telah diubah menjadi UU No 45 tahun 2009 tentang Perikanan.

"Karena itu harus ada Forum Koordinasi tentang kasus tindak pidana perikanan," ujarnya.

Forum ini sudah terbentuk, tapi belum dapat berjalan karena masih menunggu SK Bupati, dan tindaklanjut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta. 

"Kita di daerah sambil menunggu SK Bupati dan tindaklanjut ke Pusat, akan menyusun langkah-langkah penanganan kasus di perikanan," kata dia. 

Instansi setempat akan rapat rutin bagaimana cara penanganan kasus tindak pidana di perikanan, seperti penyetruman, membawa dan menggunakan bom, peracunaan, penggunaan alat tangkap seperti alat tangkap trawl.

"Temasuk sondong itu yang hanya diperbolehkan di atas 4 mil, pukat garuk untuk ngambil kerang," ujar Nurmansyah. 
(rizki/mf)