KAWASAN
Operasi lalulintas di Lampura (defri/harlam)
17/12/2014 11:38:02
1161

Polres Lampura Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Harianlampung.com - Jelang  Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2015, Polres Lampung Utara (Lampura) mengajak masyarakat meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Biasanya setiap perayaan hari besar, angka kriminalitas di wilayah ini meningkat. 

"Dengan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing, kita  sudah menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Sehingga masyarakat bisa melaksanakan rutinitas sehari-hari dengan aman tanpa ada gangguan apapun," kata  Kapolres Lampura AKBP Eko Widiyanto, melalui Kasubag Humas IPDA Aris Satrio kepada harianlampung.com, Selasa (16/12).

Aris menambahkan, masyarakat diimbau agar menghindari perbuatan  yang merugikan diri sendiri dan orang banyak, seperti mengkonsumsi minuman keras (miras), penyalahgunaan narkoba, premanisme, judi dan lainnya. 

"Apalagi narkoba. Sudahlah, jangan coba-coba dengan pekat (penyakit masyarakat). Lebih baik kita mengawasi peredaran narkoba ketimbang terlibat di dalamnya," himbuanya.

Di samping itu, bagi ummat Kristen yang merayakan Natal dan Tahun Baru diminta untuk tidak meninggalkan rumah dalam kondisi tidak aman. "Jika mudik, upayakan menitipkan pesan kepada tetangga sekeliling untuk memantau kondisi rumah. Gunakan perhiasan secukupnya saat bepergian, bila perlu tak menggunakan perhiasan jauh lebih baik," terangnya . 

Ia melanjutkan, masyarakat juga dilarang membunyikan petasan dalam bentuk apapun, serta menyalakan kembang api yang punya daya ledakan tinggi  saat umat kristen melaksanakan ibadah. "Hidup saling  menghargai jauh lebih baik. Dengan begitu, suasana kondusif dapat tercipta dengan baik," jelanysa.

Menurut Aris, peran masyarakat sangat penting dalam menjaga kmtibmas di daerah masing-masing.
(defri/mnz/mf))