KAWASAN
Ilustrasi (sulistiyo/harlam)
17/12/2014 16:43:08
1672

Ribuan Lembar Blanko e-KTP Belum Digunakan

Harianlampung.com - Sedikitnya 3.100 lembar blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, menganggur alias belum digunakan sebagaiman fungsinya.

Semestinya, blanko sebanyak itu memang untuk memenuhi kebutuhan pencatakan e-KTP warga yang sebelumnya telah melakukan perekaman data. Namun, blanko tersebut belum dapat digunakan, karena terkendala Surat Edaran Mendagri Nomor 471.13/6626/SJ tentang penghentian sementara pencetakan KTP elektronik.

Kabid Kependudukan Dinas Dukcapil Sudarsih, mewakili Kepala Disdukcapil Kabupaten Pringsewu Hasan Basri mengatakan, pihaknya masih menunggu instruksi pemerintah pusat untuk kelanjutan proses pencetakan e-KTP. "Namun, proses perekaman masih dapat dilakukan di setiap Kecamatan," terangnya, kepada harianlampung.com, Rabu (17/12).

Sudarsih mengaku, pihakanya masih kekurangan blanko untuk memenuhi permintaan pencetakan e-KTP di Kabupaten Pringsewu. "Saat ini ada 12.512 jiwa yang telah melakukan perekaman e-KTP,  namun belum menerima hasil cetaknya," ungkapnya.   

Dia melanjutkan, jumlah wajib KTP di Kabupaten Pringsewu mencapai 351.009 jiwa."Kita tetap melakukan penambahan blanko untuk memenuhi kebutuhan pencetakan  e-KTP," tambah Sudarsih.       

(sulistiyo/mnz/mf)