KAWASAN
Rapat DPRD Lambar. (lemy/harlam)
18/12/2014 21:36:41
1359

Pansus Minta Pemkab Kaji Ulang Penyerahan Aset

Harianlampung.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) meminta pemkab setempat  mengkaji ulang aset hutang piutang yang akan diberikan ke Kabupaten Pesisir Barat.

Hal itu terungkap dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) DPRD dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat, Kamis (18/12). Rapat dipimpin Wakil Ketua I DPRD Lambar, Sutikno, .

Anggota Pansus DPRD Lambar Parosil Mabsus mengatakan, kajian yang perlu dilakukan mengenai Bandara Serai dan Gedung Serba Guna (GSG) Selalau. Menurut dia, jika kedua aset tersebut  tidak dapat dipertahankan, ada baiknya dijajaki kerjasama pengelolaan dengan Pemkab Pesisir Barat. "Jika tidak menyalahi aturan undang-undang, sebaiknya diajaki kerja sama pengelolaan kedua aset itu," terang Parosil.

Hal senada juga dikatakan Parosil untuk aset mesin es dan pabrik kelapa. "Kedua aset ini memang  menjadi sumber PAD Pesisir Barat. Tapi  tidak ada salahnya jika Lampung Barat mencoba bekerjasama mengelola kedua aset itu," kata Prosil.

Sementara terkait aset bergerak, salah satu anggota Pansus DPRD Lambar Ulul Azmi Soltiansyah mengatakan, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pendataan keberadaannya, sebelum diserahkan ke Kabupaten Pesisir Barat.  “Kami akan terus mendorong Kabupaten Pesisir Barat  agar bisa meningkatkan sumber PAD-nya," kata Ulul Azmi.

Menanggapi hal tersebut, Asisten I Pemkab Lambar Adi Utama mengatakan, memang ada wacana untuk  tidak menyerahkan sepenuhnya Bandara Serai dan GSG Selalau  kepada Pemkab Pesisir  Barat. "Soal kerjasama  pengelolaan  kedua aset ini  memang  sudah kita wacanakan . Namun  kita juga harus  menjaga komitmen. Karena itu harus diiklaskan penyerahan aset itu ke Pesisir Bara," terangnya.

Adi juga mengatakan, pihaknya akan mengupayakan  mengumpulkan dan mendata aset gerak yang ada diserakan  ke Pemkab Pesisir Barat.
(lemy/mnz/mf)