KAWASAN
Tugu Kotabumi. (harlam/dok)
18/12/2014 23:33:38
1783

Kotabumi Perlu Pembatasan Pemukiman

Harianlampung.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) meminta Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) setempat, memberikan rekomendasi pembatasan pengembangan pemukiman pada dua kelurahan di Kotabumi.

"Kami berharap KBP memberi rekomendasi pembatasan pemukiman di wilayah Kelurahan Cempedak dan Pasarlama," kata Kepala Bappeda Lampura  Azwar Yazid kepada harianlampung.com, Kamis (18/12).           

Menurut Azwar, daya dukung dan daya tampung lingkungan pada dua kelurahan tersebut sudah melampaui ambang batas kebutuhan pemukiman penduduk.

Azwar berharap, kedepan pemerintah daerah punya keberanian moril untuk mengurangi jumlah pemukim pada dua kelurahan tersebut. Sehingga bisa dilakukan penyebaran  pada  kelurahan yang belum padat pemukiman. "Ini agar terjadi  keseimbangan yang proporsional antara  luas lahan dan kepadatan pemukiman penduduk," terangnya.    

Dia  menambahkan, saat ini pihaknya  terus berusaha  melakukan langkah antisipasi  banjir pada wilayah pemukiman di sekitar bantaran sungai. "Kita sedang menyusun kebijakan larangan mendirikan pemukiman minimla 10 meter dari bantaran sungai," tambahnya. 

Azwar berharap, masyarakat  mendukung kebijkan tersebut  dengan mengosongkan lahan  minimal 10 meter dari bantaran sungai.
(defri/mnz/mf)