KAWASAN
Pelatihan OMS dan KPP.
18/10/2014 18:00:29
1941

Pemerintah akan Perkuat Kelembagaan Masyarakat

Harianlampung.com - Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) merupakan program pembangunan infrastruktur pedesaan berbasis pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, pemerintah akan memperkuat kelembagaan masyarakat.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung Heru Wahyudi pada pembukaan Pelatihan Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) dan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Program PPIP TA 2014 di Bandarlampung, Rabu (15/10/2014). 

Program itu, menurut Heru, didasarkan pada kenyataan bahwa sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di perdesaan. Mayoritas masyarakatnya tergolong penduduk miskin atau hampir miskin.

Pelaksanaan PPIP diharapkan dapat membangun kesadaran kritis masyarakat yang memiliki kemandirian dalam mengatasi permasalahan kemiskinan dan kesenjangan pembangunan. Kemudian dituangkan dalam usulan prioritas desa (UPD) yang terintegrasi dengan rencana pembangunan dan kegiatan masyarakat.

"Pelatihan OMS dan KPP ini untuk memperdalam pengetahuan OMS dalam mempersiapkan, merencanakan dan melaksanakan program PPIP TA 2014. Sehingga OMS dapat bersinergi dan melaksanakan PPIP sesuai tupoksinya," ujar Heru. 

Pelatihan angkatan pertama ini diikuti 258 ketua OMS. Dilanjutkan angkatan kedua dengan jumlah peserta yang sama untuk ketua KPP. Mereka berasal dari desa sasaran PPIP Tahun 2014 yang tersebar di 13 kabupaten. 

Pelatihan ini menghadirkan tim ahli manajamen kabupaten sebanyak 10 orang yang akan memberikan pelatihan selama dua hari. Juga, seroang konsultan manajemen yang menjadi tim observasi. 

Karena itu, Heru mengharapkan, peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga pelaksanaan PPIP TA 2014 bisa meraih hasil maksimal.
(mf/imr/nad)