KAWASAN
Kantor Bupati Pesisir Barat.
18/10/2014 21:47:34
10325

Pesisir Barat Gelar Konsultasi Publik Susun Tata Ruang

Harianlampung.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pesisir Barat, Lampung, bersama Direktorat Jenderal Penataan Ruang Kementrian Pekerjaan Umum menggelar konsultasi publik penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Pesisir Barat.

Dirjen Penataan Ruang Kementrian Pekerjaan Umum James Siahaan mengatakan konsultasi publik merupakan salah satu rangkaian yang harus dilakukan pemerintah dalam menyusun rencana tata ruang wilayah.

"Pemerintah wajib melaksanakan konsultasi publik untuk menjaring aspirasi masyarakat, memperoleh masukan tentang perencanaan pembangunan, dan menemukan solusi permasalahan yang ada," ujarnya di Gedung Serbaguna Selalaw, Selasa (14/10).

Menurut dia, konsultasi publik juga membantu Pemda Pesisir Barat dalam menyiapkan produk RTRW yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan pembangunan. Melalui mekanisme bimbingan teknis ini diharapkan terwujud penataan ruang yang sinergi antarawilayah.

James Siahaan menjelaskan, rencana struktur ruang terdiri dari pusat kegiatan wilayah kabupaten merupakan simpul pelayanan sosial ekonomi masyarakat. Juga, sistem jaringan prasarana wilayah meliputi sistem prasarana transportasi, energi, telekomunikasi yang terintegrasi.

Sementara itu, Asistem II Bidang Ekonomi Kabupaten Pesisir Barat, Audi Marpi mengatakan konsultasi publik penyusunan RTRW bertujuan untuk mewujudkan Pesisir Barat sebagai kabupaten konservasi berbasis kelautan, pariwisata, agro dan penanggulangan bencana.

Penyusunan rencana tata ruang wilayah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2014, menurut Audi, telah sampai pada tahap konsultasi publik akhir. Selanjutnya Kementrian Pekerjaan Umum akan membawa hasil konsultasi publik ini ke tahap selanjutnya di tingkat provinsi dan pemerintah pusat.
(mf/imr/nad)