KAWASAN
Ilustrasi (harlam/dok)
25/12/2014 20:28:25
2356

Kepala Kampung Terlibat Narkoba, Waykanan Bentuk BNK

Harianlampung.com - Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, dalam waktu dekat memiliki Badan Narkotika Kabupaten (BNK). Ini merupakan tindak lanjut rancanga peraturan daerah (raperda) inisiatif tentang perlunya pembentukan BNK.

DPRD Waykanan sudah mengagendakan raperda dibahas di Badan Legislasi (Banleg ) DPRD yang sebelumnya diparipurnakan.

Inisiatif itu juga menguat akibat beberapa kepala kampung dan remaja di daerah itu tertangkap tangan mengonsumsi narkoba.

"Realita ini membuat kami membuat inisiatif membentuk BNK, dengan harapan Waykanan tidak menjadi ladang empuk peredaran narkoba, mengingat letaknya yang strategis berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan," kata anggota Banleg DPRD Waykanan Hendra, Kamis (25/12).

Dasar pemikiran lainnya, banyaknya pengguna, pecandu, pengedar, dan pembuat narkoba yang ditangkap.

"Hal ini tentunya jadi gambaran bahwa Indonesia sudah menjadi ladang empuk peredaran Narkoba, bahkan tempat transitnya jaringan narkoba internasional," terangnya.

DPRD kabupaten Waykanan juga mengagendakan usulan Raperda Inisiatif Minuman keras. Dengan tujuan mempersempit ruang gerak minuman ilegal.

Ketua DPRD Waykanan Raden Adipati Surya berharap, dua raperda itu tidak terlalu lama diagendakan, mengingat usulannya  inisiatif anggota DPRD.
(rizki/mf)