KAWASAN
Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Toto S Moerasad.
20/10/2014 00:01:21
372

Tentara Manunggal Membangun Desa di Tanggamus

Harianlampung.com - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 93 tahun 2014 dilaksanakan serentak  di seluruh Indonesia mulai tanggal 9  Oktober 2014. Di Lampung, TMMD dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pesawaran.

Pembukaan TMMD di Kabupaten Tanggamus berlangsung di lapangan sepak bola Kecamatan Gisting, yang dipimpin Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Toto S Moerasad.

Dalam  amanat  tertulis yang disampaikan Kasdam, KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa atau dulu dikenal dengan program ABRI Masuk Desa (AMD) sudah dimulai sejak tahun 1980.

Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, menurut KSAD, program yang  telah  berlangsung lebih dari 34 tahun ini, dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.  Program TMMD masih dibutuhkan masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia adalah pedesaan.

Menurut KASAD, untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh,  TNI memilih TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian, di samping sebagai upayaTNI  melestarikan nilai sejarah, terutama nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Hadir pada pembukaan TMMD antara lain Komandan  Korem  043/Gatam, Kolonel Arm Winarto, Wakil Bupati Tanggamus beserta unsur Fokorpimda, serta para camat, kepala desa, dan tokoh masyarakat setempat.
(mf/imr/nad)