KAWASAN
dr. Raihana. (harlam/dok)
03/1/2015 15:05:08
844

Antisipasi DBD, Dinkes Bagikan Abate Gratis

Harianlampung.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung gencar membagikan serbuk abate. Serbuk pembasmi jentik nyamuk ini dibagikan pada masyarakat, terutama di wilayah rawan penularan  wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Serbuk abate ini kita bagikan gratis, warga bisa mendapatkan di Puskesmas dan ketua  RT di lingkungannya masing-masing,"kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung dr. Raihana.

Menurut Raihana, penggunaan serbuk abete ini ditaburkan pada tempat penampungan air bersih seperti kolam dan bak mandi. "Serbuk itu berfungsi membasmi jentik nyamuk yang ada di kolam atau bak mandi," teranganya.

Dia menjelaskan, program pembagian serbuk abate ini merupakan langkah antisipasi penyebaran wabah penyakit Demam Berdarah Dengue. "Musim hujan seperti saat ini merupakan fase perkembang biakan jentik nyamuk penyebar wabah DBD. Untuk itu, kita lakukan antisipasi dengan membagikan serbuk abet pada masyarakat," jelasnya.

Raihana menghimbau masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan rutin melakukan kegiatan 3M yakni, menguras, menimbun dan menutup tempat-tempat yang dapat menampung air. Kegiatan itu menurut Raihana, lebih efektif untuk memotong siklus hidup nyamuk. Sementara fogging atau pengasapan hanya membunuh nyamuk dewasa, namun jentik-jentiknya tetap hidup.

Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh Dinkes kabupaten /kota di  Lampung,  agar terus mensosialisasikan pencegahan penyebaran penyakit ini. "Kita harap Dinkes kabupaten/kota melalui Puskesmas lebih gencar lagi mensosialisasikan pencegahan DBB," imbuhnya.
(bayu/mnz/eh)