KAWASAN
Kolam ikan air tawar.
20/10/2014 14:32:08
8385

Lampura Gulirkan Program Kolam Ikan Rumah Tangga

Harianlampung.com - Dinas Perikanan Lampung Utara akan menggulirkan program kolam ikan rumah tangga (KRT). Program dilaksanakan di setiap kecamatan yang memiliki banyak potensi air.

"Kita akan memberikan bantuan KRT kepada masyarakat. Tetapi kita lihat dulu kondisi lingkungannya, mendukung atau tidak untuk mengembangkan kolam ikan rumah tangga," ujar Siti Nasroh, Kepala Bidang Usaha Perikanan Dinas Perikanan Lampung Utara, Kamis (16/10).

Selain memberikan bantuan, kata dia, peternak juga akan diberikan pembinaan. Sehingga peternak lebih memahami cara memelihara ikan dengan baik dan benar. 

Siti Nasroh menyebutkan, beberapa kecamatan yang dinilai memiliki potensi usaha perikanan. Antara lain Kecamatan Muara Sungkai, Kotabumi Selatan, Tanjung Raja, Blambangan Pagar, Abung Tinggi, Sungkai Jaya, dan Sungkai Utara. 

Pada bagian lain, Siti Nasroh mengatakan, Dinas Perikanan Lampung Utara akan melakukan pendataan jumlah peternak ikan air tawar. Data ini selanjutnya dijadikan dasar mengambil kebijakan pengembangan perikanan di daerah itu.

Pendataan yang dilakukan pada tahun 2015, penting dilakukan untuk melihat sejauh mana perkembangan perikanan di Lampung Utara. Karena, menurut dia, sektor ini potensial dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
(mf/imr/nad)