KAWASAN
Pelatihan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
20/10/2014 19:16:23
2571

Pelatihan Implementasi Kurikulum PAI di Tulang Bawang Barat

Harianlampung.com - Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung, menyelenggarakan pelatihan implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.  

Pelatihan yang diikuti sebanyak 50 guru pendidikan agama Islam sekolah dasar dari Kabupaten Tulang Bawang Barat itu berlangsung tiga hari di SD Negeri 1 Mulya Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung H. Abdurrahman, dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Provinsi Lampung H. Mukharam Ibrahim, berharap pelatihan ini meningkatkan kualitas guru agama Islam di Tulang Bawang Barat.

Menurut dia, belakangan ini banyak sekali persoalan yang terkait dengan degradasi moral yang bahkan cukup memprihatinkan. Peristiwa anak usia sekolah tingkat menengah, bahkan tingkat dasar, melakukan perbuatan kurang terpuji dalam hubungan antara pria dan wanita.

Perkembangan yang mengarah pada tindakan negatif dan menurunnya kualitas moral anak-anak seperti itu, menurut dia, patut menjadi perhatian dan bahan evaluasi para guru agama Islam.

"Sebagai pendidik di bidang agama, tentu memiliki tanggung jawab moral. Perlu dievaluasi dan mencarikan solusi agar pendidikan agama dan budi pekerti di sekolah berdampak positif terhadap masa depan anak didik," ujarnya.

Nara sumber pelatihan yang berlangsung tiga hari itu antara lain Tim Kemenag (Mukharam Ibrahim, H. Khaeruddin Hasnawi, Chotibul Umam), Dinas Pendidikan Tulang Bawang Barat dan Tim LPMP Bandar Lampung.

Kegiatan itu dihadiri antara lain Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat, H. Iskandar Fauzi, Kepala Kantor Kemenag Tulang Bawang Barat, H. Juanda Naim, Kasi Pendis Kantor Kemenag Tulang Bawang Barat, Nuning Herwiyati, dan para pengawas dan guru PAI se-Tulang Bawang Barat.

(mf/imr/nad)