KAWASAN
Ilustrasi. (polindonetwork/dok)
10/12/2015 07:55:55
359

Agus dan Aria Saling Klaim Menang Pilkada

Harianlampung.com - Agus Istiqlal-Erlina (Arjuna) dan Aria Lukika Budiwan (ALB)-Evan Tolani saling mengklaim sebagai pemenang pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Pesisir Barat yang berlangsung pada Rabu (9/12).

Klaim kemenangan itu diumumkan masing-masing pasangan calon (paslon) pada Rabu (9/12) sore. Paslon Arjuna mengumumkan klaim kemenangan dengan menggelar jumpa wartawan di kediaman Agus Istiqlal sekitar pukul 17.00 WIB.

Pada waktu hampir bersamaan, hal yang sama berlangsung di rumah Aria Lukita Budiwan yang juga mengumumkan klaim sebagai pemenang Pilkada Pesisir Barat.

Selain didasarkan pada perolehan suara hasil hitung cepat Rakata Institute yang mencapai 30,80 persen dari total suara, Agus Istiqlal menyebut kemenangan itu didasarkan pada perhitungan tim suksesnya.

Agus menyebutkan kemenangan pilkada itu diraih di tujuh kecamatan: Ngambur, Pesisir Selatan, Karyapenggawa, Bengkunatbelimbing, Waykrui, Bengkunat dan Krui Selatan.

"Kebenaran harus diungkap, jadi saya minta untuk tidak diplesetkan. Kemenangan ini murni hasil survei dan hasil rekapitulasi," kata Agus Istiqlal.

Namun, tim berjuluk Arjuna ini tidak mengungkapkan perolehan suaranya. Agus hanya mengaku sudah ditelepon berbagai pihak untuk menyampaikan ucapan selamat atas kemenangannya.

"Saya sudah ditelpon kapolda, bupati Lambar, ketua DPRD Pesisir Barat, Sekkab Lambar, mereka menyampaikan upacan selamat secara langsung kepada saya via telphone," akunya.

Berbeda dengan klaim kemenangan yang dilakukan Aria Lukika Budiwan (ALB)-Evan Tolani. Ketua tim pemenangannya, Ahmad Iqbal menyebutkan pasangan nomor urut dua ini unggul tiga persen dibandingkan para pesaingnya.

"Pasangan Aria-Evan unggul 3 persen. Berdasarkan hasil real count tim kami, pasangan nomor urut 1 Agus-Erlina memperoleh suara 30,27 persen Aria-Evan 33,48 persen, pasangan Jamal-Syahrial 14,61, Oking-Top 20,23, suara tidak sah 1 suara," terangnya.

Menurut dia, data telah masuk 100 persen dari penghitungan tim Aria-Evan di 282 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pesisir Barat. "Rinciannya, Agus-Erlina memperoleh 24.477 suara, paslon Aria-Evan memperoleh 27.073 suara, paslon Jamal-Syahrial 11.810 suara, pasol Oking Top memperoleh 16.438 suara," ujarnya.

Berdasarkan data masuk jumlah partisipan mencapai 80.854, dan suara tidak sah 1.056 surat suara. "Jumlah kemenangan ini tentu tidak akan berubah, karena penghitungan sudah 100 persen," demikian Ahmad Iqbal.

Namun berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) Rakata Institute, kedua paslon memperoleh suara yang nyaris sama. Dari seluruh suara yang masuk, pasangan Arjuna perolehan suara 30,80 persen, sedangkan Aria-Evan Tolani sedikit di bawahnya dengan 30,58 persen suara.

Menurut Direktur Eksekutif Rakata Institute, Eko Kuswanto, ketatnya persaingan di Pesisir Barat menjadikan hasil akhirnya tidak bisa ditebak.

"Hasilnya ketat sekali, kami dari Rakata tidak bisa memutuskan siapa yang akan menang. Menunggu real count dari KPU setempat saja," demikian katanya.
(eva/mfn)