KAWASAN
Jalan Pekon Kedaung Rusak Parah (sulistiyo/harlam)
11/1/2015 16:33:46
948

Sejak 1979, Jalan Pekon Kedaung Tak Beraspal

Harianlampung.com - Warga di Kabupaten Pringsewu kembali mengeluhkan persoalan infrastruktru berupa jalan darat. Warga Pekon Kedaung, Pardasuka, mengharapkan pengaspalan jalan sepanjang 6 km yang ada di wilayah itu. Selama ini badan jalan dalam kondisi pengerasan (onderlaagh), padahal merupakan jalan poros di wilayah itu.

Baliman (40), warga Kedaung, mengatakan, Ahad (11/1), kondisi itu terjadi sejak 1979 lalu, dan sampai kini belum ada perbaikan lagi apalagi jalanan dibangun menjadi mulus.

Menurutnya, jalan itu penting keberadaannya karena jalan utama di wilayahnya. ”Setiap hari kami selalu melintasi jalan tersebut untuk beraktivitas, ke kebun, sawah, pasar, juga anak-anak kami sekolah," ujar petani kebun coklat dan pisang itu.

Hal senada dikemukakan Budi Kartadi, pedagang hasil bumi. Menurut dia, kondisi jalan ini di beberapa titik sudah rusak, batunya banyak terlepas dan amblas hingga menjadi kubangan. Kendaraan yang akan lewat sulit melintasinya.

Dia berharap adanya perhatian pemerintah daerah agar jalan dapat diperbaiki dan diaspal.

Seorang tokoh masyarakat Pekon Kedaung Masroni yang juga  pamong setempat, mengatkaan, pekon itu terletak paling ujung barat-selatan di Kecamatan Pardasuka dan berbatasan dengan Kabupaten Tanggamus. Tapi, hingga kini belum pernah ada perbaikan.

Masroni dan warga lainnya mengharapkan pengaspalan jalan poros tersebut, sehingga warga yang mayoritas petani kebun kopi dan coklat serta petani sawah, dapat mudah melintasi jalan.
(sulistiyo/riz)