KAWASAN
Tugu Siger (harlam/dok)
12/1/2015 08:44:04
11536

Lahan Berpolemik, Pengelola Tugu Siger Lanjutkan Program

Harianlampung.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tugu Menara Siger meski sedang berpolemik dengan PT ASDP terkait status lahan, tetap berniat membuat terobosan. Langkah ini diharapkan bisa menghidupkan suasana di tempat itu yang terletak di Bakauheni, Lampung Selatan.

Kepala UPT Menara Siger, Taufik, mengatakan, salah satu bentuk keseriusan pihaknya mengembangkan kawasan itu adalah terus berkoordinasi dengan satuan kerja (satker). Suasana di tugu selama ini seperti vakum, harus ada langkah menghidupkannya kembali.

“Sudah ada beberapa dinas yang saya datangi meminta kontribusi, di antaranya setuju mengembangkan Tugu Menara Siger,” kata Taufik, Senin (12/1).

Ia menguraikan, kontribusi tersebut berasal dari Dinas Kesehatan. Pengelola meminta dipersiapkan sebuah permainan atau alat yang dapat digunakan sebagai sarana hiburan, tapi memiliki efek untuk kesehatan.

“Beberapa dinas lainnya juga sudah menyampaikan hal serupa, seperti Dinas Kelautan, Dinas Pertanian dan Perkebunan. Mereka siap membantu. Ini masih tahap rencana, tapi saya sudah sampaikan ke Pak Gubernur dan beliau setuju," katanya.

Jika nanti sudah siap, pengelola mengajukan anggarannya melalui APBD, imbuh dia.

Menurut Taufik, upaya yang dilakukan pihaknya tersebut untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD), dan mendorong masuknya investor ke Lampung. “Ibarat kebun, kita buka dulu jalannya supaya kelihatan. Setelah kelihatan, investor bisa melihat dan akhirnya menilai," kata dia.

Mengenai polemik lahan tempat berdirinya Menara Siger dengan pihak PT ASDP, Taufik mengatakan, tak akan berpengaruh dengan rencana tersebut. Sebab sudah ada orang-orang yang kompeten menanganinya.

Kepala Bidang Pemanfaatan Biro Aset dan Perlengkapan Pemprov Lampung, Saprul Hadi mengatakan, perkembangan terakhir polemik sewa lahan Menara Siger sedang menunggu jadwal PT ASDP untuk pertemuan lanjutan.

“Kalau mereka sudah memberikan sinyal melakukan pertemuan, kita bahas lebih lanjut,” kata dia.
(bayu/riz/eh)