KAWASAN
Wali Kota Metro Lukman Hakim
24/10/2014 10:54:48
4488

Kota Metro Hapus Denda Penunggak Pajak

Harianlampung.com - Untuk memenuhi target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBBP2), Pemerintah Kota Metro, Lampung, menghapus denda penunggak pajak.

Wali Kota Metro Lukman Hakim mengatakan, kebijakan memberikan keringanan kepada wajib pajak itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya membayar pajak.

"Denda dibebaskan, tetapi kewajibannya harus dibayar," ujarnya, beberapa waktu lalu, usai rapat koordinasi dengan jajarannya di kantor pemkot setempat.

Lukman mengungkapkan, realisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan hingga menjelang akhir pelunasan pada tanggal 31 Oktober 2014, baru mencapai 72 persen. Dengan keringanan pembebasan membayar denda, diharapkan wajib pajak memenuhi kewajibannya tepat waktu.

Selain itu, Wali Kota Metro mengaku terus memotivasi semua satuan kerja mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga dinas agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Metro Arif Arwoko mengatakan hasil penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan per Agustus 2014 mencapai sekitar 51 persen.

Menurut dia, ada tiga kelurahaan yaitu Margorejo, Metro, dan Hadimulyo Timur, yang berhasil meningkatkan penerimaan PBBP2. Dari 46,37 persen meningkat menjadi 51 persen. 

Ia berharap, kerja maksimal ketiga keluarahan itu diikuti petugas di kelurahan lain agar penerimaan pajak bisa mencapai target.
(yun/imr/nad)